Mohon tunggu...
Ign Joko Dwiatmoko
Ign Joko Dwiatmoko Mohon Tunggu... Guru suka menulis

Berjuang Dengan kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Magelang Tidak Boleh Terlewatkan Setelah Yogya

11 Agustus 2019   11:32 Diperbarui: 11 Agustus 2019   18:30 0 18 7 Mohon Tunggu...
Magelang Tidak Boleh Terlewatkan Setelah Yogya
panorama dibidik dari Jembatan Jokowi di dusun Tutup Ngisor Dukun Magelang (foto oleh Joko Dwiatmoko)

Kalau Anda Ke Yogya jangan lupa ke Magelang juga. Anda mau merasakan "atmosfer Yogya" yang penuh situs budaya dan aneka kegiatan keseniannya yang memukau,  jangan lupa mampir ke Magelang, sebab sekarang Magelang sedang bergiat untuk mengembangkan destinasi wisata budaya. 

Mau melihat kegiatan seniman lima gunung atau pertunjukan tradisional unik? Nah, sebentar lagi akan ada acara kesenian di Tutup Ngisor yang akan menggelar pertunjukan budaya, berkelas internasional lho.

Di sana ada penggerak aktivis kesenian yang sudah sering mendapat penghargaan baik, tingkat nasional maupun internasional. 

Ada Sitras Anjilin yang menjadi motor kesenian Tutup Ngisor. Para wartawan budaya dan fotografer pasti sudah pernah melihat pertunjukan budaya sekumpulan seniman 5 gunung. 

Ada pematung yang sering diliput media yaitu Ismanto yang tinggal di desa Sengi dusun Ngampel Dukun Magelang.

Bekas Panggung gelaran budaya lima gunung di tutup Ngisor Patung Garuda yang terbuat dari Blarak, Bambu, Subut kelapa dan daun salak melambangkan 5 gunung di Magelang (foto oleh Joko Dwiatmoko)
Bekas Panggung gelaran budaya lima gunung di tutup Ngisor Patung Garuda yang terbuat dari Blarak, Bambu, Subut kelapa dan daun salak melambangkan 5 gunung di Magelang (foto oleh Joko Dwiatmoko)
Salah Satu destinasi wisata menarik adalah Sisi Alam dan dan Kebudayaannya

Gerak kesenian Magelang  menambah menariknya Magelang. Bukan hanya Borobudur dan Mendut saja, destinasi rohani, wisata alam, dan Jembatan Jokowi dengan pemandangan bendungan dengan latar belakang gunung Merapi semakin mempercantik Magelang. 

Bagi yang punya kendaraan bisa langsung meluncur menuju Magelang dengan jarak tempuh kurang dari satu jam, hanya kurang lebih 40 sampai 45 kilometer. 

Anda bisa memilih mau ke Selatan Barat atau ke Timur dengan pemandangan gunung Merapi dan Merbabunya. Mau wisata di Top Selfie Kragilan atau ke Ketep Pass dan Air Terjun Kedung Kayang juga bisa.

Anda seperti akan menyusuri puncak jika kebetulan tujuan anda ke Ketep Pass. Soal udara, Anda harus membawa jaket kalau ke Ketep Pass.

Namun jika mau nekat dengan celana pendek dan kaos oblong boleh saja sih, tapi jika ternyata Anda kedinginan, saya sudah mengingatkan karena kebetulan kemaraunya panjang dan udara di sana Mbediding istilahnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2