Mohon tunggu...
Dwi Apriyono Ariwibowo
Dwi Apriyono Ariwibowo Mohon Tunggu... Guru - Guru Sekolah Dasar

Hobi mengajar dan mendidik anak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice PPG Daljab Kategori 2 Universitas Ahmad Dahlan

8 Desember 2022   11:04 Diperbarui: 8 Desember 2022   11:11 288
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama                                : Dwi Apriyono Ariwibowo

Nomor Peserta PPG   : 201699748758

NIM PPG                          : 2207563744

Perguruan Tinggi       : Universitas Ahmad Dahlan 

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta Didik Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SD Negeri Jetiskarangpung 1, Kalijambe, Sregan

Lingkup Pendidikan

Sekolah Dasar Negeri

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik

Penulis

Dwi Apriyono Ariwibowo, S.Pd.

Tanggal

Jumat , 14 OKtober 2022

 

 

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Di sekolah tempat saya mengajar terdapat masalah yang harus segera diselesaikan yaitu, peserta didik kurang mampu memahami konsep matematika. Masalah ini disebabkan oleh guru mendominasi pembelajaran di kelas dan guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membangun sendiri konsep matematika.  Hal ini menjadi penting untuk dicarikan solusi karena apabila dibiarkan terus menerus perkembangan dan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik akan terhambat .

Sebagai seorang guru saya bertanggungjawab mencari penyelesaian dari masalah tersebut. Selain itu mencari model pembelajaran yang sesuai.


Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Dalam menyelesaikan permasalahan tersebut  ada banyak tantangan yang saya hadapi diantaranya:

  • Kemampuan saya sebagai guru yang belum maksimal dalam menggunakan model pembelajaran
  • Pembelajaran masih bersifat monoton dengan metode ceramah
  • Pembelajaran belum berbasis HOTS
  • Pembelajaran belum memaksimalkan pemanfaatan media pembelajaran.
  • Persepsi peserta didik terhadap pembelajaran matematika yang dianggap sulit dan menakutkan.
  • Peserta didik kurang diberikan kesempatan untuk membangun pemahaman konsep matematika secara mandiri.

Yang terlibat dalam pennyelesaikan masalah tersebut yakni:

  • Rekan sejawat yang membantu dalam memberikan masukan dan memberikan saran serta membantu dukungan moral dalam pelaksanaan PPL.
  • Kepala Sekolah berperan memberikan izin pelaksanaan PPG dan melaukan pembimbingan mahasiswa selama PPL.

Orangtua / walimurid yang telah membantu pengkondisian peserta didik dirumah dalam mempersiapakan mental dan mencukupi kebutuhan untuk kelancaran pembelajaran di sekolah.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah yang dilakukan dalam menyelesaikan tantangan tersebut adalah:

  • Berkolaborasi dengan kepala sekolah dan rekan guru sejawat untuk mendapatkan saran dan masukan.
  • Menyusun perangkat pembelajaran dengan model PBL
  • Melaksanakan pembelajaran berbasis HOTS dengan model PBL
  • Menggunakan LKPD dan benda konkrit dalam pembelajaran.
  • Melakukan evaluasi pembelajaran.

Melakukan proses pembelajaran berbasis HOTS dengan model problem base learning (PBL) berdasarakan sintaks yaiu:

  • Orientasi pesertadidik ke masalah
  • Mengorganisasaikan peserta didik untuk untuk belajar
  • Membimbing penyelidikan individual atau kelompok
  • Mengembangkan dan menyajikan hasil
  • Menganalisis / mengevaluasi proses pemecahan masalah

Sintak ini sesuai dengan tujuan yang diharapkan yang  dalam pelaksanaannya melibatkan peran  orang tua peserta didik, kepala sekolah dan rekan sejawat dalam memberikan masukan dan kritik serta saran. Pemanfaatan sumber daya di sekitar peserta didik juga menjadi hal penting sehingga membantu pemecahan permasalahan yang ada dengan mengintegrasikannya dengan kehidupan nyata . Peserta didik menggunakan benda-benda nyata dalam proses pembelajarannya.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan? Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?

Setelah saya melaksanakan pembelajaran berbasis HOTS dengan model project based learning (PBL), hasil yang saya dapeatkan sangat memuaskan dimana 89,6 % peserta didik tuntas dalam pembelajaran  dan jmmodel yang saya terapkan sangat efektif untuk memberikan pemahaman matematika karena pembelajaran mengintegrasikan dengan kehidupan nyata peserta didik dan peserta didik melaksanakadn serta melihat langsung proses. Bapak kepala sekolah dan rekan guru sejawat memberikan respon positif terhadapa usaha yang saya lakukan untuk meningkatkan pemahamanan konsep matematika peserta didik di kelas 6A.Peserta didik juga merasa senag dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dan dari pembelajaran yang telah saya lakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran  dengan model PBL dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemahaman konsep matematika.

ARTEFAK KEGIATAN   

NO

NAMA PESERTA DIDIK

HASIL AKHIR

PREDIKAT

1

ADELIYA NUR LAILI

100

TUNTAS

2

AHMAD FARHAN J D

80

TUNTAS

3

ALYA RAMADHANI

80

TUNTAS

4

AMIR HABIBULLAH AZHARI

100

TUNTAS

5

ANANDA KRISNA

80

TUNTAS

6

RAFFA

80

TUNTAS

7

ARDHA MAULANA

100

TUNTAS

8

ARYA GADING

80

TUNTAS

9

ASHIFA FASTSA SA'IDZA

80

TUNTAS

10

ATHAYA RIFTA NASYWA

80

TUNTAS

11

AUREL AULIYAH PUTRI P

100

TUNTAS

12

AZALIA ESTI ANGGRAENI

100

TUNTAS

13

CLARA EVELYNA NATHANIA

80

TUNTAS

14

CLAUDIA PERTIWI

20

BELUM TUNTAS

15

DANANG HANIF VERY A

80

TUNTAS

16

DESWITA DWI NOVIANA

100

TUNTAS

17

DEWI ARTHA AZZAHRA

80

TUNTAS

18

ERICK DIAZ FATHONI

60

BELUM TUNTAS

19

FAIRUZ NIZZAM PRATAMA

80

TUNTAS

20

FATTIA NUR ANNISA

80

TUNTAS

21

FEBIOLA RAHMAWATI

20

BELUM TUNTAS

22

FELIA INDAH

80

TUNTAS

23

FERI RAHMA DANI

100

TUNTAS

24

FRISKA ANINDITA AZARIN

100

TUNTAS

25

KEVIN ANDIKA PRATAMA

80

TUNTAS

26

NASYWA KEISHA M

80

TUNTAS

27

QUROTA AYUNI

80

TUNTAS

28

RAFLI MUHALIM

100

TUNTAS

29

TITIAN SENJA PUTRA M

80

TUNTAS

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun