Mohon tunggu...
Dwi Klarasari
Dwi Klarasari Mohon Tunggu... Administrasi - Write from the heart, edit from the head ~ Stuart Aken

IG: @dwiklara_project | twitter: @dwiklarasari

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Tiga Mahasiswi Ini Ciptakan Aplikasi Kecantikan bagi Penggemar K-Drama

16 Mei 2021   15:23 Diperbarui: 16 Mei 2021   17:46 1377
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dari kiri ke kanan: Giselza Satya Kusmaharani, Veronica Lila Novesaria, dan Alea Najla Syukur (Foto koleksi tim Get This Look!)

"Aplikasi ini merupakan hadiah bagi para pencinta kecantikan dan K-Drama karena kami membuatnya untuk memudahkan pencarian informasi produk yang kredibel sekaligus melakukan pembelian produk yang sesuai untuk mencapai look seperti karakter dalam K-Drama."

Demikian pernyataan tim Get This Look! tentang aplikasi rancangan mereka. Bukan sekadar iseng karena teknologi dengan tema kekinian tersebut berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi nasional L'Oreal Brandstorm 2021 yang diikuti lebih dari 1500 mahasiswa dari 68 universitas se-Indonesia.  

L'Oreal Brandstorm merupakan kompetisi inovasi bagi para mahasiswa, sebuah gelaran rutin dari L'Oreal Indonesia. Di Indonesia kompetisi ini sudah diadakan sejak 2009, dan sejak 1992 untuk skala internasional.

Ajang bergengsi tersebut kali ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dunia digital sekaligus transisi gaya hidup baru masyarakat sebagai dampak pandemi Covid-19.

Tema yang diusung adalah menciptakan pengalaman baru berbelanja produk kecantikan melalui hiburan (Invent the Beauty Shopping Experience through Entertainment). Peserta ditantang untuk menciptakan produk atau jasa baru, model bisnis baru, juga pengalaman baru yang terinspirasi dari tren terkini dunia hiburan.

Misi kompetisi ini mengajak para mahasiswa berkreasi sesuai dengan semangat L'Oreal-sebagai perusahaan beauty-tech nomor satu dunia-yang senantiasa mengedepankan inovasi sekaligus membawa nilai-nilai baru bagi konsumennya.   

Uniknya, pada gelaran tahun ini L'Oreal Brandstorm mengumumkan dua tim sebagai National Winner. Konon, hal ini baru sekali terjadi dalam sejarah kompetisi. Selain tim Get This Look! dengan aplikasi kecantikan bagi penggemar drakor; ada tim Voir dengan aplikasi kecantikan untuk para sahabat tunanetra.

Saksikan pengumuman yang mengejutkan tersebut di sini.   

Menurut Restu Widiati, Human Resources Director L'Oreal Indonesia temuan kedua tim memiliki keunggulan masing-masing yang penting untuk kemajuan industri kecantikan secara digital.   

Ekspresi anggota Get This Look!-Giselza, Alea, dan Lila-saat berhasil memenangi L'Oreal Brandstorm 2021 (Foto tangkapan layar Youtube L'Oreal Brandstorm 2021 koleksi tim Get This Look!)
Ekspresi anggota Get This Look!-Giselza, Alea, dan Lila-saat berhasil memenangi L'Oreal Brandstorm 2021 (Foto tangkapan layar Youtube L'Oreal Brandstorm 2021 koleksi tim Get This Look!)

Nah, kebetulan penulis berkesempatan mengenal tim Get This Look! secara lebih dekat. Selain nama-nama anggota serta visi misinya, karena penasaran penulis juga mencari tahu tentang aplikasi yang mereka ciptakan.

Tim Get This Look! terdiri dari tiga mahasiswa dari tiga universitas berbeda. Mereka adalah Alea Najla Syukur dari Universitas Bina Nusantara Jurusan Computer Science; Veronica Lila Novesaria dari Universitas Prasetiya Mulya, Jurusan Business; dan Giselza Satya Kusmaharani dari Institut Teknologi Bandung, Jurusan Farmasi.

Menurut ketiga remaja berparas ayu ini, perbedaan kampus menjadi salah satu bukti terwujudnya semangat merdeka belajar-seiring tema Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021 yang lalu.

Alih-alih memecah belah, perbedaan kampus maupun jurusan justru mempersatukan mereka untuk berinovasi. Situasi pandemi bahkan tidak mampu menghalangi langkah mereka.

Meskipun tidak berkesempatan menginformasikan partisipasi mereka dalam gelaran L'Oreal Brandstorm 2021 ini, tetapi Alea, Lila, dan Giselza tetap berupaya untuk membawa nama baik institusi mereka masing-masing.

Sebagai tim pertama yang berasal dari kampus berbeda, dalam prosesnya semua ide maupun kreasi mereka direalisasikan dengan bantuan mentor eksternal, yaitu dari viu, matahari, dan agency udara segar.

Kolaborasi mahasiswa tingkat satu ini melahirkan sebuah aplikasi yang berguna sebagai sumber informasi bagi para beauty enthusiast dan/atau movie enthusiast. Aplikasi dirancang untuk membantu para pengguna menemukan tampilan para bintang film sesuai karakter yang diperankan, terutama lewat platform video streaming.

Pilihan tema yang jatuh pada film/ drama Korea (K-Drama) sedikit banyak dipengaruhi oleh merebaknya pandemi Covid-19 di dunia, khususnya di tanah air sejak Maret 2019 lalu. Tak bisa dimungkiri bahwa situasi dan kondisi yang menuntut masyarakat lebih banyak tinggal di rumah cenderung meningkatkan akses individu ke internet.

Bukan hanya untuk bekerja dan belajar, tetapi juga mendapatkan hiburan. Salah satunya adalah menonton film/ drama, terutama Korean Drama.

Setidaknya tim Get This Look! menengarai bahwa maraknya penonton K-Drama yang terjadi selama masa pandemi berpotensi terus berlanjut. Bagaimanapun tidak ada yang dapat menghalangi terjadinya Korean wave (hallyu) atau gelombang Korea di Indonesia.

Lalu bagaimana ilustrasi penggunaan aplikasi tersebut?

"Saat sedang asyik nonton drakor mungkin saja kita tertarik dengan make up look salah satu artis/ karakter dalam drama tersebut. Nah, nanti aplikasi kami akan memberi tahu produk make up apa yang digunakan artis tersebut sekaligus memberikan tutorialnya agar pengguna bisa mendapatkan make up look yang sama. Pemakai aplikasi juga bisa langsung membeli produk lewat aplikasi tersebut," jelas tim Get This Look! 

Tangkapan layar salah satu karakter yang diperankan artis Han So-Hee dalam K-Drama The World of the Married (Sumber foto: Netflix -- The World of the Married koleksi tim Get This Look!)  
Tangkapan layar salah satu karakter yang diperankan artis Han So-Hee dalam K-Drama The World of the Married (Sumber foto: Netflix -- The World of the Married koleksi tim Get This Look!)  
Tampaknya gagasan kreatif tiga mahasiswa ini berpotensi membuat penggemar K-Drama semakin antusias.

"Selain untuk penggemar K-Drama, aplikasi Get This Look! ini juga dapat melakukan 'upscalling' ke berbagai genre film, seperti Bollywood, Hollywood, bahkan anime." Demikian mereka menambahkan.  

Jadi semakin penasaran, kan?

Setelah memenangi L'Oreal Brandstorm tingkat nasional, awal Mei lalu tim Get This Look! dipercaya untuk mewakili Indonesia dalam gelaran L'Oreal Brandstorm tingkat internasional. Mereka maju bersama-sama dengan tim Voir dari Universitas Indonesia yang terdiri dari M. Hanif Permana, Alif Rizkia, dan Michael Hukom.   

Sebagai bekal mereka berenam mendapatkan mentorship dari internal expert L'Oreal Indonesia. Di tingkat internasional mereka bersaing dengan mahasiswa dari 65 negara dari berbagai penjuru dunia.

L'Oreal Brandstorm 2021 tingkat internasional (Foto: tangkapan layar Youtube L'Oreal Brandstorm 2021 koleksi tim Get This Look!)
L'Oreal Brandstorm 2021 tingkat internasional (Foto: tangkapan layar Youtube L'Oreal Brandstorm 2021 koleksi tim Get This Look!)

Namun, baik tim Get This Look! maupun Voir belum cukup beruntung. Mereka harus puas bisa melangkah sampai ke tahap semi final. Setidaknya keenam anak muda ini telah membuktikan bahwa bangsa kita tidak kalah dengan negara-negara lain dalam hal prestasi dan inovasi.   

Semoga tim Get This Look! dan Voir semakin sukses dengan aplikasi ciptaannya dan dapat menginspirasi anak muda Indonesia di mana pun. Usia muda bukan batasan, pandemi bukan halangan. Bravo! 

Depok, 16 Mei 2021
Salam, Dwi Klarasari

Sumber bacaan:  1  |  2  |  3  |  4  |

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun