Mohon tunggu...
Dwi Klarasari
Dwi Klarasari Mohon Tunggu... Write from the heart, edit from the head ~ Stuart Aken

IG: @dwiklara_project | twitter: @dwiklarasari

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Belajar dari Pemenang Cipta Jingle Museum Olahraga

23 Juli 2020   21:50 Diperbarui: 24 Juli 2020   20:18 348 42 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar dari Pemenang Cipta Jingle Museum Olahraga
Museum Olahraga Nasional di kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta (sumber foto travel.detik.com)

Awal Juli 2020 yang lalu Kementerian Olahraga RI mengumumkan sembilan nama pemenang Lomba Maskot, Logo, dan Jingle Museum Olahraga Tahun 2020. 

Salah satu yang sempat saya kepoin adalah pemenang kategori Lomba Jingle. Daftar pemenangnya dapat dilihat pada akun Instagram Museum Nasional Indonesia lewat tautan Pengumuman Lomba Jingle Museum Olahraga Nasional

Seperti apa sih jingle yang ditetapkan sebagai juara pertama? Yuk, simak video berikut!

Jingle Ayo ke Mora- Mora kependekan dari Museum Olahraga- menguarkan semangat sekaligus ekspresi kegembiraan. Liriknya pun inspiratif serta cukup persuasif mengajak masyarakat untuk mengenal sejarah olahraga Indonesia dengan berkunjung ke Museum Olahraga Nasional yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). 

Dalam jingle berdurasi sekitar 60 detik ini agaknya harapan Mora tersampaikan dengan baik. Tak heran bila para juri pun terpikat.

Yuk, berkenalan dengan sosok sang pencipta! Jingle Ayo ke Mora diciptakan oleh Yafet Arie Nugroho, seorang musisi sekaligus guru musik di sebuah sekolah internasional (SD s/d SMA) di Salatiga, Jawa Tengah. Berikut rangkuman obrolan singkat saya dengan sang juara lewat Whatsapp. 

Kenapa Harus Ikut Lomba?

Sebenarnya Yafet Arie Nugroho tidak terlalu yakin dapat memenangi lomba karena menurutnya karya peserta lain juga bagus. Ia terkejut sekaligus sangat senang mengetahui karyanya terpilih sebagai juara 1. Baginya kemenangan tersebut merupakan berkat di balik pandemi yang patut disyukuri. 

Sebenarnya ini bukan kemenangan pertamanya. Sejak 2010 sosok yang akrab disapa Petto ini sudah rajin mengikuti lomba cipta lagu dan/atau jingle

Beberapa prestasinya adalah: 1) Juara 2 Lomba Cipta Lagu Varash - Batch IV yang diadakan PT Varash Saddan Nusantara; 2) Finalis Lomba Suara Anak Indonesia Tingkat Nasional (2018); 3) Juara 1 Lomba Cipta Karya PAUD Tingkat Nasional (2016); 4) Juara 2 Lomba Cipta Mars dan Hymne Kerukunan Antarumat Beragama (2016); 5) Juara 3 Lomba Cipta Lagu "Save Our Litoral Life" Korps Marinir TNI AL (2015); dan sederet prestasi lain yang berhasil menjadi juara maupun cuma finalis. 

Apa sih yang dikejar dari lomba cipta lagu/jingle (selain hadiah yang lumayan besar)?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x