Salah satu kunci penting dari bertahannya sebuah bisnis adalah bisnis tersebut mampu memberikan pelayanan yang terbaik. Pelayanan terbaik yang diberikan oleh pebisnis dapat menutupi kekurangan yang dimiliki oleh produk atau jasa bisnis yang ditawarkan. Tentu saja penutupan ini bernada positif di mana klien atau pelanggan akan berusaha memaklumi dan memberikan Anda waktu untuk terus berkembang.Â
Tidak hanya itu saja, pelayanan terbaik yang diberikan juga mampu menjadikan bisnis terus berkembang karena berpotensi menjalankan word of mouth marketing secara otomatis. Memberikan pelayanan terbaik dalam proses bisnis juga merupakan investasi terbaik bagi pebisnis dalam membangun relationship marketing yang positif. Dari proses seperti inilah sebuah organisasi atau perusahaan besar bisa terus mendapatkan peningkatan level customer base.
Dari yang sebelumnya memiliki banyak pelanggan umum, menjadi memiliki banyak pelanggan bertipe recurring revenue atau bahkan loyal. Lalu, bagaimana caranya agar Anda sebagai pebisnis dapat memberikan pelayanan yang terbaik? Salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah memastikan karyawan terutama yang berprofesi sebagai customer service bekerja dengan baik.
Anda sebagai pemimpin bisnis harus dapat memastikan customer service yang dimiliki, mampu melakukan komunikasi yang efektif, persuasif, dan menarik. Customer service yang Anda miliki harus memiliki brand atau product knowledge yang mumpuni.
Saking pentingnya peran customer service di dalam proses bisnis, terlebih transaksi, tidak sedikit pebisnis yang memilih untuk meningkatkan kualifikasi perekrutan karyawan customer service. Beberapa bahkan sampai harus mewajibkan pelamar customer service memiliki sertifikat yang kredibel.
Tingginya permintaan terhadap customer service serta standar kualifikasi yang ketat, menjadikan profesi ini tidak lagi dipandang sebelah mata. Ada banyak lulusan SMA/SMK atau bahkan perguruan tinggi yang berlomba-lomba untuk mendapatkan posisi ini karena gaji tinggi dan jenjang karier cerah yang dimiliki.
Di dalam artikel ini, mimin akan membahas lengkap tentang apa itu customer service dan seberapa menjanjikannya profesi ini di dunia kerja. Penasaran?
Apa itu Customer Service?
Apa itu customer service? Customer service adalah mereka yang bertugas untuk dapat melayani pelanggan bisnis, baik itu yang datang dari proses online atau juga datang ke toko fisik bisnis Anda.
Tujuan pekerjaan mereka adalah memberikan pengalaman berbelanja positif kepada pelanggan. Biasanya customer service dapat kita jumpai dengan mudah pada divisi digital marketing atau sales sebuah perusahaan. Berikut ini adalah beberapa tugas umum seorang customer service, dimulai dari:
- Mampu menjawab pertanyaan dan memberikan pelanggan solusi terbaik dari permasalahan yang mereka hadapi seputar bisnis Anda.
- Memberikan informasi produk atau layanan dengan jelas dan menarik kepada calon pelanggan.
- Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.
- Menangani keluhan pelanggan terhadap produk bisnis yang perusahaan berikan.
- Meningkatkan dan menjaga loyalitas pelanggan pada bisnis.
Lima tugas di atas sekilas terlihat sepele, tetapi dalam praktiknya tidaklah mudah. Selain harus memiliki komunikasi yang jelas, efektif, dan persuasif. Seorang customer service juga dituntut untuk bisa bersabar menghadapi berbagai jenis customer, terlebih lagi jika bisnis tempat CS (Customer Service) bekerja memiliki target audiens yang beragam. Â
Jenis-Jenis Customer Service
Dalam perusahaan berskala nasional atau internasional, CS sering kali dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan divisi tertentu. Kita dapat memahami jenis-jenis CS ini ke dalam lima bagian utama. Lima bagian tersebut adalah:
- CS Telemarketing. Sesuai dengan namanya, CS ini memiliki tugas utama untuk menelepon dan menjawab telepon dari calon pelanggan. Selain itu, CS Telemarketing juga harus memiliki penguasaan database yang baik dalam menentukan setiap nomor potensial yang ditelepon.
- CS Service Inside Sales. Hampir mirip dengan sebelumnya, hanya saja platform yang digunakan tidak terbatas pada teknologi telepon saja. CS service inside sales juga diwajibkan untuk dapat menggunakan email, online meeting, dan online chat sebagai media pelayanan.
- CS Service Retail. Seperti namanya, CS ini biasanya akan kita jumpai pada berbagai toko retail. Biasanya merekalah yang akan menunjukkan letak barang tertentu, info diskon barang tertentu, dan lain-lain.
- CS Technical Support. Berbanding jauh dengan tiga jenis CS sebelumnya, CS ini memiliki ruang lingkup yang terbatas pada layanan teknis. Seperti brand komputer, hardware, dan software.
- CS Online. Hampir mirip dengan CS Service Inside Sales, hanya saja CS online memiliki fleksibilitas kerja yang lebih tinggi. Mereka dapat melayani pelanggan bisnis tertentu hanya dari rumah mereka.