Mohon tunggu...
Durrotun Nimah
Durrotun Nimah Mohon Tunggu... Mahasiswa

UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA JEPARA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kondisi Siswa Berkebutuhan Khusus dan Pola Interaksi dengan Siswa dalam Setting Sekolah Inklusi

22 Juni 2021   12:48 Diperbarui: 22 Juni 2021   14:04 64 2 0 Mohon Tunggu...

KONDISI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DAN POLA INTERAKSI DENGAN SISWA DALAM SETTING SEKOLAH INKLUISI

Dalam dunia pendidikan, anak berkebutuhan khusus di klasifikasikan atas beberapa kelompok sesuai dengan jenis kelainan anak. Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis-jenis anak berkebutuhan khusus, sebagai berikut:

Anak Tuna Netra  adalah anak yang mempunyai kekurangan secara indrawi, yakni indra penglihatan. Meskipun indra penglihatannya bermasalah, intelegensi yang mereka miliki masih dalam taraf normal. 

Anak Tuna Rungu Anak tuna rungu adalah anak yang mempunyai kelainan pada pendengarannya. Mereka mengalami kesulitan dalam berinteraksi dan bersosialisasi terhadap orang lain terhadap lingkungan termasuk pendidikan dan pengajaran.

Anak Tuna Daksa adalah anak yang mempunyai kelainan pada tubuhnya yakni kelumpuhan. Anak yang mengalami kelumpuhan ini disebabkan karena polio dan gangguan pada syaraf motoriknya.

Anak Tuna Wicara Kelainan emosi adalah anak yang mengalami gangguan pada tingkat emosinya. Hal ini berhubungan dengan masalah psikologisnya.

Kelainan Emosi adalah anak yang mengalami gangguan pada tingkat emosinya. Hal ini berhubungan dengan masalah psikologisnya. Anak yang mengalami kelainan emosi ini dibagi menjadi 2 macam yaitu a. Gangguan Prilaku, ciri-cirinya yaitu

1. Suka mengganggu di kelas

2. Tidak menghargai orang lain

3. Suka menentang

4. Suka menyalahkan orang lain

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN