Mohon tunggu...
Tukyo Ayah Keren
Tukyo Ayah Keren Mohon Tunggu... Administrasi - Pemerhati Media sosial

Hal-hal yang menarik dalam bersosial media adalah bagaiana memilah dan memilih seabreg informasi yang tidak semuanya harus dikonsumsi. Yang pasti senantiasa berbagi yang baik dan tangkal HOAX

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Review KYB Zeto Nmax Shock Breaker dari Toped Setelah 30 Ribu Kilo Meter

17 Desember 2019   08:29 Diperbarui: 17 Desember 2019   08:29 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
review KYB Zeto | dokpri

Review KYB Zeto shockbreaker  nmax yang harganya dibawah 1 juta ini, aku buat dari pengalaman pribadi make nih produk setelah pake shock aslinya keras banget. Temen-temen juga pasti ngerasain kan gimana atosnya shock Nmax Yamaha bawaanya. Iya sih enak kalo jalan alus. Tapi giliran jalanan bolong-bolong pinggang berasa mau dipijat melulu.

Pertama kali merasakan naik Nmax dijalanan halus oke gak ada masalah tapi setelah melewati jalanan yang bummpy banyak lubang baru terasa memang benar shock bawaan nmax keluaran tahun 2016 keras. Pernah saya coba buat naik ke daerah wisata alam Posong, Temanggung yang mana jalanan yang dilewati adalah jalan trasah kalau didaerah Temanggung menyebutnya alias jalanan yang hanya menggunakan batu.\

Saat itu karena saya tanpa boncenger yang saya rasakan ini motor keras shocknya atau bannya yang terlalu keras. Karena tidak mau ketinggalan dari teman-teman pulangnya saya mengajak temn buat bonceng biar agak empukan dikit namun hasilnya kurang lebih sama saja dengan berat badan saya 60 kg dan boncenger saya 58 kg.

Ngrasain shock yang keras banget dijalanan yang gak mulus memang sangat menyiksa. Karena saya hidup di daerah yang mayoritas jalanannya adalah bumpy dan tidak mulus maka saya putuskan untuk mengganti shock si maxie. Mulai saya cari referensi digrup yang sesuai dengan kebutuhan dan juga yang pasti dengan kondisi keungan saya yang masih terbatas (maklum dana mahasiswa).

Setelah cari referensi kesana kemari akhirnya ada opsi pilihan saat ini yaitu Ride It, KYB soft, KYB zeto dan juga YSS non tabung. Kok gak Ohlins? Wah kalau ada budget yang mencukupi mah jelas pilih ini jelas tidak diragkan. Setelah membaca sana sini cari informasi dari berbagai sumber akhirnya saya jatuhkan pilihan pada si KYB Zeto warna hitam.

Saat itu saya beli di bulan maret 2016 saya beli di salah satu sales astra otoparts di Yogyakarta dengan harga Rp720.000, lumayan banget dapat harga miring. Pertama kali buka dari kardus waow ulirnya ternyata lebih besar dari shock standar Nmax dan setelah dipasang sesuai dengan ekspetasi terlihat bagian belakang si maxie makin semok dan seksi.

Saat itu saya pasang diberes bersama temen karena saat itu masih belum berani bongkar-bokngkar si maxie. Setelah terpasang pulang dari beres temen yang nyoba didepan langsung bilang "Wah sekoke dadi empuk ora koyo mau" (Wah shocknya jadi empuk enggak seperti tadi) saya juga punya merasakan hal yang sama yaitu shock menjadi lebih dan berbeda empuk berbeda dengan shock bawaan nmax 2016.

Ketika saya pulang dari Jogja ke Temanggung saya merasakan nyamannya mengendarai nmax dimana kaki bisa selonjoran, tenaga oke dan yang jelas sekarang shocknya sudah empuk. Selian itu ternyata shock KYB Zeto bisa diatur keras lembutnya dengan cara diputar pada bagian bawah shock. Terdapat 5 setelah kekerasan.

Pada saat dicoba setelan paling lembut nyaman sekali melibas jalanan bumppy meskipun sendiri tanpa boncenger. Gejala sakit perut sudah tidak dirasakan. Namun ada kelamahannya jika disetting pada setelan soft, saat kita ajak motor high speed motor kurang stabil apalagi melibas tikungan motor jadi tidak stabil. Lalu pada settingan ke 3 yang saya rasakan di jalanan bummpy lebih enak dari pada shock bawaan namun untuk melibas tikungan masih timbul gejala limbung. Namun setelan ini jika dipakai dayli use masih masuk dalam kategori nyaman.

Nah untuk setting paling keras pun masih lebih empuk dai shock ori nmax. Namun untuk masalah kestabilan terutama ditikungan menurut saya masih enak shock bawaan Nmax yang tidak ada gejala limbung. Nah selain itu pernah juga suatu saat melewati yang rusak tiba-tiba muncul bunyi kletak kletak padashock belakang namun masalah ini hilang sendiri setelah beberapa minggu pemakaian. Entah karena saya settingan yang teralu soft atau masalah apa saya juga kurang tahu.

Nah saat ini saya sudah pakai shock KYB Zeto sejauh 32.xxx km dan akhirnya bocor juga. Saya sadar kalau shock kanan bocor ketika saat ini ban habis sebelah yaitu bagian kanan. Setelah saya cek ternyata keluar oli dari bagian tengah shock. Mungkin shock bocor bisa disebabkan karena jalanan yang saya lewati memang kebanyakan bergelombang dan juga banyak lubangnya sehingga tidak jarang saat berkendara malam hari menghajar lubang. Rencananya shcok KYB Zeto mau saya servis agar bisa digunakan kembali dari pada harus beli lagi maklum kantong tipis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun