Mohon tunggu...
Dunaiyah Dunaiyah
Dunaiyah Dunaiyah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru Penggerak Angkatan 8

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Demonstrasi Kontekstual Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

9 Juni 2023   23:48 Diperbarui: 9 Juni 2023   23:50 2489
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Demontrasi Kontekstual 

Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

Oleh : Dunaiyah

CGP Angkatan 8 Kab. Cirebon

Gambaran Diri

Pada tiga tahun kedepan setelah saya lulus dari Program Pendidikan Guru Penggerak, saya memerankan nilai-nilai yang tertanam dalam diri saya seperti merasa menjadi pribadi yang lebih termotivasi, percaya diri yang meningkat dan selalu mencari informasi terkini mengenai pendidikan yang menghantarkan pada keselamatan murid. 

Lima nilai guru penggerak yakni berpihak pada murid, mandiri, kolaboratif , inovatif dan reflektif telah melekat dalam diri saya dan dapat terlihat dari bagaimana cara berpikir saya terhadap pendidikan yang ada di Indonesia yang mendorong semangat saya untuk terus bergerak untuk pendidikan di Indonesia yang lebih baik, terutama dalam lingkup kecil seperti lingkungan saya sendiri, sekolah tempat saya mengajar dan memberdayakan ekosistem dimanapun saya berada. 

Nilai-nilai Guru Penggerak

1. Berpusat Pada Murid

Selama  menjadi guru penggerak nilai yang satu ini sudah melekat dalam diri saya. Pembelajaran yang berpusat pada murid dan selalu mengutamakan kepentingan murid dari pada yang lain. Berikut ini gambaran diri saya yang mencerminkan nilai berpusat pada murid, diantaranya:

  • Saya dan siswa membuat kesepakatan kelas sebelum kegiatan belajar di mulai. Saya mengawali kegiatan tersebut dengan pertanyaan hal apa yang bisa membuat kalian bahagia hari ini? Dengan begitu anak memiliki berbagai macam jawaban, salah satu jawabannya adalah belajar di luar kelas. Dari situ saya dan peserta didik menyepakati untuk belajar di luar ruangan. 
  • Saya menerapkan Trilogi Pendidikan yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Yang artinya di depan kita memberikan contoh dan teladan yang baik. Misalnya kita meminta mereka untuk tidak datang terlambat, maka mulai dari saya sendiri untuk tidak datang terlambat. Di tengah kita memberikan semangat dan gagasan/ide-ide yang dapat membimbing mereka. Terakhir dibelakang kita memberikan dorongan dan semangat untuk peserta didik dengan segala potensi yang mereka miliki.
  • Saya menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik, misalnya menggunakan video demonstrasi materi yang diajarkan. 
  • Memberikan ruang pada peserta didik untuk menggalih informasi atau materi dari berbagai sumber pembelajaran, misalnya youtube, google, atau media sosial lainnya. 
  • Menerapkan kurikulum merdeka yang salah satunya adalah meembuat projek penguatan profil pelajar pancasila. Dengan diadakannya projek, peserta didk dapat berkolaborasi dalam satu kelompok dan menciptakan satu karya terbaiknya. 
  • Mengadakan permainan dalam kegiatan pembelajaran, hal tersebut membuat suasana kelas ramai tidak monoton.

2. Mandiri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun