Mohon tunggu...
DUHA AHMARY
DUHA AHMARY Mohon Tunggu... Penulis - semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi anda

saya tutur duha ahmari lahir di mandailing nataltahun 1999 bulan maret tanggal 07

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Kisah Ramadhan di Pondok Pesantren Al-Qodiri 1 Jember

20 April 2021   23:47 Diperbarui: 21 April 2021   00:50 446 1 0 Mohon Tunggu...

Pondok pesantren al-qodiri adalah salah satu pondok yang  di dirikan oleh kiyai AHMAD MUZAKKI SYAH yang berada di jawa timur letaknya di kabupaten jember ,kecamatan patrang , pondok pesantre ini terkenal dengan dzikir manakib syaikh abdul qodir al-jaelani .

yang mana pondok pesantren ini sangat banyak di minati oleh para pemburu barokah  baik lokal maupun mancanegara adapun kegiatan selama di bulan ramadhan sangatlah banyak  di antaranya adalah ngaji ta'lim bakda subuh yang di isi oleh KH.umar saifuddin dengan kitab tanbihun ghafilin kitab ini membahas  seputar peringatan orang-orang yang lalai, pendidikan akhlak dan religiusitas. 

Berisikan renungan dan nasehat yang diarahkan kepada pembentukan akhlak terpuji.  dan kemudian di siang hari pondok pesantren al-Qodiri selalu rutin melaksanakan dzikir manaqib yaitu setelah duhur yang di ikuti ratusan santri dan jama'ah manaqib dari seluruh indonesia , setelah manakib selesai yaitu sekitar pukul 13.00 wib kemudian di lanjutkan dengan membaca yasin fadilah  sebanyak 3 kali  yang langsung di pimpin oleh kiyai Ahmad muzakki syah sampai jam 14.00 wib . kemudian melaksanakan solat asar berjamaah pada pukul 15.00 wib .

setelah melaksanakan solat berjamaah para santri mengikuti kegiatan wilayah yang di isi oleh para ustad hingga waktu menjelang maghrib tidak terasa .,makan berbuka puasa santri di sediakan oleh kiyai sehingga para santri tidak mengeluarkan biaya untuk menu buka puasa .

setelah melaksanakan solat tarawih santri mengikuti ta'lim yang di isi oleh KH.umar saifuddin dengan kajian tafsir qur'an kemudian setelah selesai ta'lim para santri melaksanakan tadarus qur'an baik di masjid maupun di wilayah masing-masing hingga pukul 22.00 wib .

pada puku 00.00 wib ini lah waktu yang sangat di tunggu-tunggu yang mana kegiatan malam di pondok ini tidak di temukan di pondok lain sehingga para jamaah yang ingin riyadoh ramadan sangat banyak yang datang ke al-Qodiri ,yaitu kegiatan pada dini hari adalah melaksanakan solat fadilah lailatul qodar  solat ini di laksanakan sebanyak dua rakaat dengan membaca surat al-qadr sebanyak 100 kali  pada rakaat pertama dan surat al-ikhlas 100 kali pada rakaat ke 2 . 

setelah melaksanakan solat kemudian di lanjut dengan dzikir manaqib sampai waktu menjelang sahur tiba kemudian para sanrti dan jamaah yang telah selesai dzikir langsung sahur dengan nasik yang telah di sediakan dari dhalem kiyai . 

itulah seputar kegiatan ramadhan di pondok pesantren al-Qodiri.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN