Mohon tunggu...
Dudi safari
Dudi safari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pencari Ilmu

Aktif di Organisasi Kepemudaan dan Dakwah Pelosok.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Dakwah dengan Teladan Bukan Paksaan

21 September 2021   17:35 Diperbarui: 21 September 2021   17:38 66 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dakwah dengan Teladan Bukan Paksaan
Gambar milik wadahmoco

"Seorang Muslim yang sadar akan tujuan agamanya akan dapatlah memahamkan bahwasanya tujuan suatu dakwah inilah yang terutama, yaitu menjelaskan kebebasan dan kemerdekaan diri, di bawah lindungan Allah SWT semata." (HAMKA)

Awal mula dakwah Nabi saw. mencontohkan dengan teladan begitu pun para Rasul sebelumnya tidak ada seorang pun kecuali mereka memberi contoh terlebih dahulu sebelum mereka mengajak orang lain.

Karena hakikat dakwah adalah sampainya apa diajakkan kepada objek dakwah. Sehingga tidak mungkin sampai tanpa ada teladan.

 Tentang keteladanan ini Allah telah jelaskan dalam firman-Nya, "Sungguh pada diri Rasulullah itu ada teladan yang baik bagi kalian."

Ya.. memang benar Rasulullah tidak pernah memerintah seseorang atau melarang seseorang sebelum beliau sendiri yang mengerjakannya atau beliau sendiri yang memulai untuk meninggalkannya.

Dalam hal sedekah Beliau pun selalu memberi contoh sehingga beliau terkenal sekali kedermawanannya apalagi di bulan puasa lebih lagi dermawannya.

Mampukah seorang Da'i hari ini mengejawantahkan akhlak Rasul saw., tentu takkan sesempurna beliau karena di samping zaman nya sudah sangat jauh berbeda juga karakter budaya sangat mempengaruhi pola hidup masyarakatnya.

Tinggal di daerah dengan iklim yang panas tentu sangat berdampak pada pola hidup warganya yang cenderung keras karena terbentuk secara alamiah. Begitu pun masyarakat yang tinggal di pegunungan sangatlah berbeda dengan mereka yang tinggal di pesisir pantai jadi letak geografi dimana orang tinggal sangat signifikan memengaruhi perilaku kehidupannya.

Berkaitan dengan dakwah semisal Nabi saw, maka yang mesti di wujudkan adalah seberapa maksimal usaha kita untuk meneladani junjungan kita Nabi saw. Perihal akhlak atau norma hidup dia sehari-hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan