Mohon tunggu...
Driananda Putra Sukardi
Driananda Putra Sukardi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Memiliki ketertarikan terhadap skill komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Teknologi di Era Globalisasi Baik atau Buruk?

1 Agustus 2021   23:32 Diperbarui: 1 Agustus 2021   23:40 64 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Teknologi di Era Globalisasi Baik atau Buruk?
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Perkembangan teknologi di dunia saat ini merupakan salah satu bentuk dari hasil revolusi industri yang diawali beberapa dekade lalu, Apakah menurut anda teknologi saat ini baik atau buruk ? Teknologi itu tidak buruk dan tidak baik teknologi itu alat, alat baik atau buruk tergantung siapa  yang menggunakannya. Pisau contohnya, baik atau buruk nya pisau tergantung siapa yang menggunakannya begitu juga dengan teknologi.                                                                                                  

Hal yang sama bisa disamakan untuk Nuklir, Dari hasil seluruh studi penelitian di proyek Manhattan pada tahun 31 Desember 1946 tercipta energi Nuklir. Beberapa Negara di eropa saat ini sangat bergantung pada energi nuklir sebagai sumber daya alternatif mereka, seperti pisau, Nuklir bisa digunakan baik atau buruk tergantung bagaimana kita menggunakannya."Ujar Agung Hapsah dikutip dari Youtube.

TEKNOLOGI DI ERA GLOBALISASI

Teknologi di era Globalisasi saat ini sangat berkembang pesat sangat jauh dari sebelumnya, Contohnya tidak jauh dari kehidupan kita sehari-hari yaitu smartphone. Pada era Globalisasi juga perkembangan teknologi tidak hanya terjadi di Negara-negara maju saja tetapi di Negara berkembang pun banyak terjadi kemajuan teknologi yang pesat contohnya di Indonesia. 

Peranan teknologi sangat berpengaruh bagi masyarakat saat ini dan berperan sangat pada aktivitas seoramg Sehari-hari karena dapat membantu dan memperoleh seseorang dalam mencari informasi,menghemat biaya dan juga memudahkan kita melakukan sesuatu secara instan.

LALU APA SAJA PERANAN TEKNOLOGI ?

  • Teknologi Informasi.
  • Teknologi informasi merupakan salah satu teknologi yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Dan juga teknologi informasi sangat berpengaruh di era Globalisasi,karena di era Globalisasi ini  sangat sekali mengandalkan teknologi informasi dalam banyak bidang yaitu. Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Pemerintahan dan lain-lain. Oleh karena itu teknologi informasi memudahkan kita manusia dalam memproduksi, mengolah data dan menyebarkan informasi.
  • Teknologi Pangan.
  • Teknologi pangan saat ini banyak sekali di kaitkan dalam pertanian, Tetapi kenyataannya bukan hanya pertanian saja tetapi teknologi pangan dapat digunakan dalam hal lain. Contohnya, Meningkatkan suatu keanekaragaman pangan, Memajukan tingkat keamanan pangan, Memajukan nilai gizi pangan. Dikarenakannya timbul teknologi pangan menggepalai ketersediaan pangan yang ada saat ini, Mengapa? Karena alam melahirkan bahan pangan secara Berturut-turut, Dan sementara kebutuhan masyarakat terhadap pangan juga Berturut-turut

APAKAH TEKNOLOGI DI ERA GLOBALISASI BAIK ATAU BURUK? 

Seperti yang saya jelaskan di paragraf pertama bahwa teknologi tidak bisa di tentukan baik atau buruknya melainkan teknologi hanyalah sebuah alat. Tetapi disini saya akan menjelaskan dampak-dampak apa saja yang terjadi akiibat perkembangan teknologi di era Globalisasi.

  • POSITIF
  • Banyak nya barang atau benda yang berhasil dibuat manusia agar mempermudah kehidupan dunia
  • Dipermudah nya belanja dengan sistem online shop 
  • Tentunya salah satu keunggulan yaitu mempermudah pekerjaan agar semakin mudah diselesaikan
  • Dalam teknologi informasi yang saya sebutkan tidak kalah penting yaitu mudah berkomunikasi kepada orang lain dalam jarak jauh melalui chatiing maupun video call
  • Dan yang terakhir banyak dilakukan oleh semua kalah umur yaitu ditemukannya media hiburan yang dinamakan Games
  • NEGATIF
  • Banyaknya penjiplakan yang di lakukan sebagai contoh, Plagiarisme yang dilakukan banyak orang dengan cara menjiplak karya orang lain.
  • Adanya radiasi dari teknologi smartphone ataupun teknologi genggam lain yang sangat membahayakan kesehatan
  • Tadi saya sebutkan dampak positif dari teknologi informasi seperti chatting maupun video call. Tetapi dampak buruk dari hal itu sangatlah terlihat, Contohnya. Banyaknya penipuan melalui chatting maupun telefon dengan Embel-embel mendapatkan uang tunai yang sanagt besar.

Kesimpulannya teknologi di masa Globalisasi ini tidak dapat ditentukan baik atau buruk nya melainkan siapa yang menggunakan teknologi tersebut, Akankah digunakan ke dalam hal yang positif atau negatif. Dan juga perkembangan teknologi di era Globalisasi ini sangatlah melesat dimanapun pengguna teknologi ini dapat meng-akses media dengan cara yang sudah canggih ataupun mudah, Saya mengharapkan bagi para pembaca informasi yang saya sampaikan dapat sangat berguna di lain waktu.

 

DAFTAR PUSTAKA 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN