Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Apakah Puasa dan Cinta itu Kata Kerja? Membedah Konsep Kata Kerja dalam Pembelajaran Bahasa

4 April 2023   08:00 Diperbarui: 4 April 2023   21:24 666
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi membaca. Sumber Pixabay.com

Ada anggapan umum di kalangan siswa yang menyatakan bahwa kata kerja itu kata-kata yang bermakna perbuatan atau pekerjaan. Pernyataan umum tersebut tidak ada salahnya, namun juga belum menyentuh konsep kata kerja secara utuh.

Pemahaman yang tidak utuh tersebut kerap kali membuat kebingungan dari siswa misalnya, “ Puasa itu kata kerja atau bukan?” Pertanyaan tersebut mirip dengan kebingungan yang lazim terdengar sejak lama, pada kasus kata lain misalnya.”  Cinta itu kata karja atau bukan? "

Melalui uraian ini akan saya jawab perihal pertanyaan “bingung” tersebut. Sambil membahas konsep dasar kata kerja, khususnya tentang 2 jenis kata kerja berdasarkan fungai maknanya dalam kalimat.

Konsep dasar kata kerja material beserta contohnya

Kata kerja merupakan salah satu topik pembelajaran bahasa yang hampir ada di dalam setiap jenis  teks. Baik teks sastra maupun teks non sastra. Kata kerja atau yang kerap disebut juga dengan istilah verba, adalah unsur terpenting dalam kalimat karena ia menempati fungsi predikat.

Kata kerja yang merujuk pada makna tindakan, perbuatan atau aktivitas fisik, kerap disebut dengan istilah verba material. Kata kerja jenis ini yang paling  umum dipahami. Sebagai contoh, “Messi menendang bola ke gawang lawan”.

Kalimat tersebut menggunakan kata kerja berjenis material yaitu “menendang”. Kata menendang memberi makna kejadian yang dapat disaksikan langsung dan mengesankan gerak peristiwa. Kata kerja jenis inilah yang umumnya dipahami oleh siswa.

Kata kerja material juga kerap disebut dengan istilah kata kerja oprasional. Kata kerja jenis ini biasanya menggunakan imbuhan me, -kan, ber, yang dapat membuat kalimat menjadi aktif. Kendati demikian ada juga kata kerja material yang tidak memerlukan imbuhan, tapi hanya menggunakan kata dasar. Misalnya kata tidur, mandi, makan, dan lain sebagainya.

Konsep dasar kata kerja mental beserta contohnya

Pada tingkat lebih lanjut, misalnya di SMA, pemahaman tentang kata kerja bukan lagi sekedar bermakna perbuatan atau peristiwa, melainkan juga bermakna keadaan, proses dan juga mental. Oleh sebab itu muncul topik menarik yaitu kata kerja mental.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun