Mohon tunggu...
Reni Indrastuti
Reni Indrastuti Mohon Tunggu... profesional -

writing is a passion

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Rupa-rupa Motif di Ajang Kompetisiana

13 Agustus 2015   20:39 Diperbarui: 13 Agustus 2015   20:39 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Perkembangan wajah kompasiana pada tahun 2015 sangat marak dengan event kompetisi menulis yang bertubi-tubi dan diikuti oleh kompasianer dengan penuh antusias. Dalam satu bulan bisa digelar beberapa event blog competition dengan sponsor beraneka ragam, baik sponsor dari kalangan pemerintahan maupun kalangan komersial, baik mengusung tema promosi kemasyarakatan maupun review terhadap produk barang/jasa bermerk tertentu. Blog kompasiana sebagai arena perlombaan sudah dimulai sejak beberapa tahun sebelumnya, seingat saya baru mulai ada setelah tahun 2009 tahun dimana kompasiana lahir. Bahkan tahun 2010 pun kompasiana masih menjadi ajang opini pribadi dan menayangkan hal-hal yang disukai penulis untuk dibagi, belum marak perlombaan menulis, setelah itu baru ada satu dua pengumuman lomba blog di kompasiana. Saya sendiri tak luput menjadi peserta lomba dan hanya berkesempatan memenangkan 2 kali perlombaan menulis blog di tahun 2013. Tidak semasif beberapa nama kompasianer yang menjadi sang langganan juara yang saya lihat di rubrik kompasiana event. Selepas 2013 karena alasan kesibukan, saya tak pernah lagi mengikuti kompetisi, bahkan jarang menulis di kompasiana, hingga baru-baru ini saya takjub membuka kompasiana yang bertebaran headline pengumuman lomba dan banjir hadiah. Saya amati, beberapa event blog competition di kompasiana dijuarai oleh nama-nama yang sama. Sungguh handal ya mereka.

Substansi tulisan betul-betul matang dan detil diurai dalam ulasan yang panjang dan sarat referensi. Bagi sebagian pembaca yang mungkin belum kenal betul tentang tema atau bukan bidangnya, panjangnya ulasan kadang bikin bosan, tetapi bagi sesama peserta kompetisi maupun juri penulisan hal ini memiliki makna berbeda, yaitu memperkaya referensi tentang pola penulisan, gaya bahasa tulis artikel yang berdaya saing, item-item yang perlu ditulis dengan penekanan-penekanan khusus , maupun sudut pandang terhadap tema yang ditulis. Makin hari makin terlihat perkembangan yang signifikan mengenai bobot tulisan yang diikutkan pada event kompetisi lomba menulis blog di kompasiana. Hal ini tentu memberi banyak manfaat dan keuntungan baik bagi penulis atau kompasianer, bagi penyandang sponsor event blog competition alias yang punya gawe, maupun bagi group kompasiana sendiri.

Siapa yang Diuntungkan?

Penulis (Kompasianer):

Banyak manfaat yang mereka dapatkan dalam mengikuti lomba menulis di blog competition. Hadiah, tentu saja, itu yang utama. Keuntungan lainnya adalah mengasah skill menulis dan menikmati kepuasan memenangkan perlombaan yang digarap dengan lonjakan adrenalin untuk saling memberikan sajian yang terbaik, ataupun sajian unik dengan nuansa yang berbeda yang merebut perhatian para juri.

Bagi Penyandang sponsor atau yang menawarkan hadiah:

Ini menjadi momen promosi dengan keuntungan berlipat ganda. Bermodal budget standar promosi atau bahkan lebih murah yang dialokasikan untuk dana hadiah, keuntungan yang diraih cukup banyak. Jumlah tulisan yang mengemukakan tema yang diminta sponsor, atau yang secara tidak langsung mengiklankan produk dari sponsor, sudah barang tentu meningkatkan angka promosi. Belum lagi jika satu tulisan dibaca oleh ratusan pembaca, promosi terhadap konten atau tema atau produk yang di-review semakin gencar. Masih ditambah lagi jika tulisan tersebut di-share di media sosial, dan kita tahu sekarang ini media sosial begitu menjamur, sebut saja yang terkenal dan nge-link dengan kompasiana yaitu facebook, twiter, linked-in ataupun google circle. Bagi pihak sponsor event blog competition akan meminimalkan budget promosi yang tentu meminimalkan pula biaya produksi dan meraih besarnya profit, produknya menjadi lebih dikenal bahkan menjadi hit, dan nuansa lomba menulis review produk pun lebih bercita rasa menggigit. Multiple benefits!

Kompasiana Group:

Kunjungan ke webpage kompasiana semakin ramai dengan maraknya info lomba menulis dengan hadiah yang bejibun. Tanpa inipun, kompasiana sudah ngetop sebagai wadah menyalurkan gagasan para netizen. Lahirnya kompasiana turut membidani munculnya citizen journalisme online. Para pengiklan tentu jeli melihat peluang menguntungkan di lapak-lapak kompasiana yang ramai dikunjungi netizen sehingga makin meriah wara-wiri reklame di halaman-halaman kompasiana. Tak perlu ditanya deh, tentu saja kompasiana bertambah income-nya.

Motivasi Penulis

Peristiwa hubungan yang saling menguntungkan antara penulis, penyandang sponsor dan grup kompasiana bisa dibilang simbiosis mutualisme dunia blogging. Itu tidak salah. Selama ini belum tampak adanya kerugian-kerugian gara-gara blog competition. Secara materi, penulis-penulis tersebut cuma bermodalkan komputer atau laptop (yang sudah menjadi barang biasa) dan kuota internet saja. Tidak perlu susah payah beli amplop coklat seukuran A-empat dan pergi ke kantor pos untuk mengantri pengiriman artikel. Korban bensin, korban waktu, korban duit. Menulis di kompasiana praktis dan higienis, eh praktis dan efektif efisien. Tidak merugi. Bisa dilakukan sambil beraktivitas di akun media sosial yang dimilikinya atau sambil shopping online. Bikin akun medsos pun nggak pakai bayar. Begitu pula akun di kompasiana, gratis. Kalau ingin terverifikasi sebagai syarat peserta lomba, tinggal mengajukan permohonan ke admin kompasiana dengan mengunggah foto identitas diri yang asli. Karena kemudahan-kemudahan tersebut, para penulis semakin termotivasi untuk mengkontribusikan tulisannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun