Mohon tunggu...
Pandapotan Silalahi
Pandapotan Silalahi Mohon Tunggu... Editor - Peminat masalah-masalah sosial, politik dan perkotaan. Anak dari Maringan Silalahi (alm) mantan koresponden Harian Ekonomi NERACA di Pematangsiantar-Simalungun (Sumut).

melihat situasi dan menuliskan situasi itu

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Pers, Industri yang (Sering) Menggadaikan Idealisme dan Profesionalisme

8 Februari 2022   20:46 Diperbarui: 8 Februari 2022   20:57 371
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bicara tentang Pers Indonesia, tidak melulu tentang wartawan. Di sana ada pengusaha yang mendirikan sebuah perusahaanpenerbitan pers (media cetak maupun online). Kemudian ada pula organisasi pers, yang belakangan Dewan Pers hanya mengakui 10 jenis organisasi yang salah satunya PWI, berulang tahun setiap 9 Februari.

Entah kebetulan atau tidak, sesuai Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985 di tanggal itu pula diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN).

Jadi prinsipnya, merayakan Hari Pers Nasional (HPN) bukan melulu wartawan yang bernaung di dalam organisasi PWI. Karena sejatinya, HPN bukanlah PWI, apalagi milik PWI. Semua wartawan dan perusahaan pers yang tergabung dalam 10 organisasi itu berhak merayakan HPN.

Tapi saya, bukan mau bicara soal perayaan seremonial HPN yang tahun 2022 ini dipusatkan di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal yang memprihatinkan, hingga kini pekerja pers (wartawan) rasanya masih sering 'menggadaikan' idealisme. Profesionalitas seorang wartawan terkadang terabaikan dan tergadaikan.

Kalau mau jujur, Pers Indonesia saat ini masih dalam tahap menuju ke arah profesionalitas. Belum bisa dikatakan profesional.

Mau bukti? Banyak perusahaan pers begitupun dengan para pekerjanya belum mampu mandiri apalagi tegas terhadap pemerintah.

Sebagaimana pers yang kita cita-citakan, harus mau bersuara lantang, berani menyuarakan kebenaran dan mampu menyejahterakan wartawannya.

Pertanyaan selanjutnya, sudah sejahterakah para wartawannya? Akh, jangankan menyejahterakan para karyawan, untuk bertahan hidup saja pun sudah syukur. Karena memang 'survive' sebuah perusahaan pers ditandai dengan banyaknya iklan yang wara wiri di media itu.

Dewan Pers sejatinya sudah bisa melaksanakan 'sensus' terhadap pers di negeri ini. Faktanya, banyak pers yang ibarat 'hidup segan mati tak mau', kondisinya terseok-seok, media yang katanya terbit harian (setiap hari) kenyataannya media ''bulan sabit'' terbit saat munculnya bulan sabit.

Bagaimana mungkin sebuah perusahaan pers mau eksis bertahan hidup, jika pemasukan ke perusahaan itu sendiri (lewat iklan) tidak ada? Lembar per lembar surat kabar itu hanya diisi berita, tidak ada iklan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun