Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Di Balik Semangat Argentina dan Keberuntungan Polandia

1 Desember 2022   05:49 Diperbarui: 1 Desember 2022   05:53 192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Argentina vs Polandia. Foto:AFP/Juan Mabromota via Kompas.com

Timnas Argentina akhirnya melaju  ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Qatar. Keberhasilan ini tercapai tatkala Lionel Messi dan kawan-kawan berhasil menang 2-0 kontra Polandia di laga terakhir penyisihan grup C yang berlangsung di stadion 974, Doha (1/12/22).

Dalam laga kontra Polandia, Argentina mendominasi jalannya pertandingan. Dominasi itu terlihat dari statistik yang dimiliki oleh Argentina. 

Seharusnya, Argentina bisa unggul di menit ke-39 lewat titik penalti. Adalah Lionel Messi yang menjadi eksekutor. 

Penalti yang agak berbau kontroversi ini berhasil diselamatkan oleh kiper Polandia, Wojciech Scczesny.

Kendati demikian, Argentina tak patah arang. Kegagalan penalti Messi tak menjadi batu sandungan yang melemahkan semangat Argentina untuk meraih kemenangan kontra Polandia.

Argentina dinaungi oleh keyakinan kuat untuk meraih kemenangan. Keyakinan ini menjadi salah satu pemompa semangat Argentina yang benar-benar menguasai jalannya laga.  

Tak tanggung-tanggung, Argentina memiliki 73 persen penguasaan bola, dan Polandia hanya mempunyai 27 persen. Penguasaan bola ini searah dengan jumlah tendangan ke gawang, di mana Argentina mempunyai 23 kali tendangan ke gawang Polandia, dan Polandia hanya mempunyai 4 kali. 

Artinya, Argentina tak memandang sebelah mata laga kontra Polandia. Terlebih lagi, nasib Argentina tidak aman dan sangat bergantung penuh pada kemenangan kontra Polandia agar lolos ke babak selanjutnya. 

Laiknya partai final, Argentina mengerahkan kekuatan ekstra agar bisa lolos ke babak selanjutnya. Argentina mencoba menggempur Polandia yang cenderung bermain bertahan dan mencari titik aman. 

Kali ini, Messi bukanlah penyelamat. Gol J. Alvarez dan A. Mac Allister di babak kedua menyelamatkan Argentina ke babak selanjutnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun