Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Newcastle United Jadi Klub Paling Kaya, antara Peluang dan Ancaman di Liga Inggris

8 Oktober 2021   06:20 Diperbarui: 8 Oktober 2021   06:29 330 14 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Newcastle menjadi klub paling kaya di Liga Inggris setelah diambil alih perusahan asal Arab Saudi. Foto: Getty Images via Goal.com

 

Faktor finansial sangat berperan penting dalam keberlangsung sebuah klub. Kondisi keuangan yang kuat akan menopang perjalanan klub, termasuk kualitas skuad yang dimiliki. Kalau sebaliknya, klub bisa terjatuh. Pemain berkualitas terpaksa dijual atau pun dipinjamkan.  

Hari ini, media sepak bola ramai berbicara tentang kepemilikan baru dari klub Liga Inggris, Newcastle. Tak tanggung-tanggung, kepemilikan baru ini menyebabkan Newcastle sebagai klub terkaya di Liga Inggris.

Newcastle diambil alih oleh pengusaha Arab Saudi yang bernaung di bawah Saudi Public Investment Fund (PIF). Komisi Premier League menyampaikan bahwa "Newcastle United Football Club dan St James Holdings mencapai kesepakatan dalam pengambilalihan kepemilikan klub oleh konsorsi PIF, PCP Capital Partners dan RB Sports & Media" (Goal 8/10/21).

Sebelumnya, Newcastle dibawah kepemilikan Mike Ashley selama 14 tahun. Namun, di bawah kepemilikan Ashley, Newcastle gagal menunjukkan performa terbaik.

PIF akan menyediahkan uang 300 juta pound sebagai bagian dari investmen ke Newcastle. Jumlah uang ini 11 kali lebih besar dari yang dimiliki oleh Sheikh Monsour di Manchester City. Yasir Al-Rumayyan akan berlaksu sebagai presiden eksekutif dari klub.

Sontak saja, pengambilalihan klub ini ke tangan pengusaha kaya memantik perayaan di Newcastle. Para suporter merayakan itu seolah sebagai kemenangan klub.

Betapa tidak, kekuatan keuangan telah mengubah beberapa klub di dunia saat ini. Di Liga Inggris, Manchester City dan Chelsea menjadi dua kekuatan yang terbangun berkat kekuatan uang. Berkat kekuatan uang, dua klub ini masih mendominasi di Liga Inggris beberapa tahun terakhir.

Pasalnya, mereka bisa mendapatkan pelatih dan pemain yang diharapkan. Dengan itu, kekuatan tim juga gampang terbangun.

Tak heran, jika suporter Newcastle merayakan kepemilikan baru klub mereka di stadion St James' Park. Peluang untuk menjadi raksasa baru di Liga Inggris sangat terbuka lebar apabila menimbang kekuatan uang yang diinvestasikan ke dalam klub ini. Melebihi yang dimiliki oleh Manchester City.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan