Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Energi Positif dari Euro 2020, Bekal Italia agar Tak Terantuk Pengalaman Piala Dunia 2018

3 September 2021   06:50 Diperbarui: 3 September 2021   06:55 143 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Energi Positif dari Euro 2020, Bekal Italia agar Tak Terantuk Pengalaman Piala Dunia 2018
Italia, Juara Euro 2020. Sumber foto: Chris Ricco - @UEFA

Juara Euro 2020, timnas Italia terus melanjutkan tren positif. Status tim tak terkalahkan makin diperpanjang.

Dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022, Italia berhasil mencatat hasil imbang 1-1 kontra Bulgaria. Kemenangan ini memperpanjang daftar laga tak terkalahkan dari pasukan Roberto Mancini. 34 laga.

Sepak bola bukan sekadar rekor, tetapi itu mengenai prestasi di lapangan hijau. Kendati rekor tercipta, namun tanpa gelar, rekor-rekor itu bisa saja kumpulan data tanpa makna.

Sebaliknya, rekor akan bernilai ketika gelar juga tercapai. Sejauh ini, Italia menorehkan rekor tak terkalahkan dengan dibarengi prestasi di Piala Eropa 2020. Dengan ini, pencapian Italia cukup gemilang.

Di awal turnamen Euro 2020 lalu, Italia kurang dilirik sebagai juara turnamen. Tak sedikit pihak yang menilai kemampuan Prancis, Portugal, Belgia, dan Inggris yang mendominasi Euro 2020. Namun, dalam turnamen Euro 2020 ini, Italia bak singa yang bangun tidur.

Penampilan yang impresif sepanjang laga seolah mengamini kekuatan Italia di kancah sepak bola internasional. Karena ini, Italia termasuk tim yang harus diwaspadai pada perhelatan Piala Dunia 2022 mendatang.

Hasil imbang memang bukan kabar baik untuk Italia di awal kualifikasi Piala Dunia 2022. Pengalaman Euro 2020 harus menjadi motor bagi Italia untuk melakonkan laga kualifikasi dengan pikiran positif.

Ya, kadang-kadang kesuksesan menjadi obat mabuk yang menidurkan. Karena sudah nyaman berada di atas, ada kecendrungan untuk tidak waspada dengan situasi yang terjadi di sekitar. Ketidakwaspadaan itu membuat seseorang menjadi jatuh dan sangat sulit untuk bangun.

Sekiranya situasi yang sama tidak terjadi bagi pasukan Roberto Mancini di kualifikasi Piala Dunia 2022. Pengalaman Euro 2020 mesti menjadi energi positif bagi mereka untuk melakonkan kualifikasi Piala Dunia dengan sungguh-sungguh.

Tentunya juga, pengalaman di kualifikasi Piala Dunia 2018 masih terekam jelas di tubuh Italia. Secara mengejutkan, Italia gagal tembus Piala Dunia 2018.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan