Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Peminat kata

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

"Feeling Insecure", Hambat Perkembangan Diri dan Rusak Relasi

19 November 2020   19:50 Diperbarui: 21 November 2020   21:16 220 39 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Feeling Insecure", Hambat Perkembangan Diri dan Rusak Relasi
ilustrasi membicara rekan kerja. (sumber: shutterstock via kompas.com)

Dua orang pelaut berkisah tentang pengalaman mereka bekerja di kapal laut. Hari Minggu lalu (15/11/2020). Mereka sama-sama berasal dari Filipina.

Keduanya bekerja di kapal yang berbeda. Hanya pengalaman yang hampir sama sebagai pelaut menyatukan kisah di antara mereka. Ada banyak kemiripan tentang pengalaman bekerja di kapal.

Salah seorangnya bekerja di kapal minyak, dan yang satunya lagi bekerja di kapal ikan. Rute perjalanan mereka juga berbeda. Yang bekerja di kapal minyak, rutenya dari Cina ke Afrika Selatan. Sementara yang bekerja di kapal ikan, rutenya lebih di lautan pasifik. Kadang dari kepulauan Pasifik ke Jepang.

Walau berbeda tempat, mereka menghadapi salah satu kesamaan situasi dalam hal relasi di antara pekerja. Persaingan di antara teman kerja. Menjadi tidak menyenangkan ketika persaingan itu malah terjadi di antara mereka yang senegara. Sama-sama seasal dan senegara.

Keduanya sepakat mengatakan jika lebih baik berelasi dengan orang-orang dari negara berbeda daripada sesama negara. Alasannya, sesama negara bisa menjebak mereka hingga menimbulkan pikiran negatif dari pemimpin atau manajer di tempat kerja.

Juga, mereka menilai bahwa persaingan itu terjadi karena tidak senang kalau sesama negara lebih maju dan diperhatikan oleh pemimpin. Ada feeling insecure.

Merasa tidak nyaman melihat keberhasilan dan kemajuan yang dialami oleh sesama. Perasaan ini bermuara pada upaya menjatuhkan rekan senegara. Bahkan fitnah dan curiga tidak bisa dihindarkan dalam relasi di antara mereka. Ujung-ujungnya bisa terjadi konflik di antara mereka sendiri.

Menurut mereka, kadang  saat berhadapan muka, relasi tampak biasa-biasa saja. Tidak terjadi apa-apa. Namun, kadang apa yang terjadi di antara mereka disampaikan kepada pemimpin. Makanya, mereka berpendapat perlunya untuk berwaspada saat berelasi dengan sesama rekan kerja, terutama dengan yang selatar belakang.

Feeling insecure bisa menjadi salah sebab persoalan antara rekan di tempat kerja. Perasaan ini hadir ketika tidak mau melihat keberhasilan dan kelebihan orang lain. Juga, perasaan ini terjadi karena merasa tersaingi.

Apalagi jika terjadi yang maju dan lebih berkembang di tempat kerja adalah mereka yang baru masuk atau lebih yunior. Melihat cara kerja dan kemajuan mereka menghadirkan rasa tidak nyaman di dalma diri. Rasa tidak nyaman takut disingkirkan, tidak dipedulikan, dan kehilangan kepercayaan di tempat kerja.

Hal ini sulit dihindari apabila tidak bisa menerima dan mengakui kelebihan orang lain. Kelebihan orang lain hanya dipandang sebagai ancaman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN