Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Peminat kata

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola

Pemain Sepak Bola Profesional Tertua di Dunia Bermain di Mesir dan Termuda Bermain di Bolivia

22 Januari 2020   20:34 Diperbarui: 23 Januari 2020   06:48 69 13 2 Mohon Tunggu...
Pemain Sepak Bola  Profesional Tertua di Dunia Bermain di Mesir dan Termuda Bermain di Bolivia
Sumber foto: Spor Haberleri

Kualitas pemain sepak bola profesional kerap berjalan dengan usia mereka. Biasanya saat mereka berada di usia 20-an tahun, umumnya para pemain tampil gemilang. Tetapi saat memasuki usia 30-an ke atas, stamina pemain perlahan menurun.

Cukup jarang pemain yang konsisten tampil gemilang di usia 35-an tahun ke atas. Umumnya pemain memilih untuk pensiun atau memilih liga yang jadwal permainannya tidak terlalu penuh tuntutan.

Prinsipnya, usia juga tidak menghalangi seseorang untuk bermain sepak bola. Pada usia apa pun seorang bisa bermain sepak bola. Yang terpenting dia masih bisa kuat berlari dan menendang bola.

Dari negeri Firaun, Mesir, sebuah klub divisi tiga menandatangani kontrak pemain tertua di muka bumi.

Adalah Ezz El-Din Bahader yang menandatangani kontrak dengan klub divisi tiga, 6th Oktober di Mesir. Bahader menandatangani kontraknya saat sudah berkepala tujuh. Tepatnya berusia 75 tahun.

Untuk konteks kita di Indonesia, sangat jarang kita menemukan orang-orang yang masih bisa berlari kuat pada usia seperti ini. Umumnya, mereka sudah berjalan bertatih-tatih. Namun Bahader masih mau bermain sepak bola. Artinya, dia masih bisa berlari dan bermain sepak bola.

Dengan kontraknya ini, Bahader menjadi pemain sepak bola profesional tertua di muka bumi ini.

Untuk merayakan penandatangani kontrak ini, pihak klub dan badan sepak bola Mesir juga menyatakan kalau Bahader akan siap masuk rekor dari Guiness World Encyclopeaedia (Goal.com 22/1/20).

Rekor ini sebelumnya dipegang oleh pemain Israel atas nama Isaak Hayik. Hayik bermain sebagai pemain profesional di divisi empat liga Israel pada bulan April 2019. Dia dikontrak oleh klub tersebut saat sudah berusia 73 tahun.

Pada tahun ini juga, dari negeri Matahari Terbit, di liga di Jepang, pemain depan Kazuyoshi Miura (52 tahun) menandatangani perpanjangan kontrak dengan Yokohama FC. Yokohama FC bermain di J-League Jepang.  

Kontrak itu pun memperpanjang waktu bermain dari pemain asal Jepang tersebut. Tidak tanggung-tanggung, di usia 52 tahun, Kazuyoshi Miura akan bermain selama 35 musim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN