Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Peminat kata

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Patung Zlatan Ibrahimovic, Bukan Sekadar Patung

10 Oktober 2019   07:40 Diperbarui: 10 Oktober 2019   08:05 0 4 1 Mohon Tunggu...
Patung Zlatan Ibrahimovic, Bukan Sekadar Patung
Zlatan Ibrahimovic di depan patung dirinya. Foto by Bleacher Report Football

Bagi pencinta sepak bola, siapa yang tidak kenal dengan Zlatan Ibrahimovic. Pemain asal Swedia ini telah berhasil mengumpulkan aneka gelar dari kompetesi di beberapa liga ternama di Eropa. Bersama negaranya, Swedia, dia juga menjadi inspirasi dan kekuatan tim.


Karena segudang prestasi dan kehebatannya itu, maka patutlah Zlatan dikenang. Kenangan itu menyata saat di kampung halamannya di Malmo, Swedia dibangun patung perunggu untuk dirinya.

Patung perunggu yang berukuran 2.7 meter itu terletak di luar stadion Malmo. Stadion ini pernah menjadi saksi awal kehebatan Zlatan sebagai seorang pesepak bola. Patung itu dibangun oleh seniman asal Swedia bernama Peter Linde dan direstui oleh komisi sepak bola Swedia.

Pembangunan patung itu merupakan tanda kecintaan penggemar sepak bola pada Zlatan. Malmo merupakan tempat dimana Zlatan memulai karirnya sebagai pesepak bola sebelum berkiprah di Ajax, Juventus, Inter Milan, Barcelona, Ac Milan, Paris St Germain dan La Galaxy, MLS, Amarika Serikat sekarang ini.

Zlatan sendiri berkontribusi banyak saat berkiprah bersama Swedia. Selama membela Swedia dari 2001 sampai 2016, Zlatan mencetak 62 gol dari 116 pertandingan.

Sampai saat ini, Zlatan masih berkiprah bersama klub La Galaxy, Amerika Serikat. Di usianya yang tidak muda lagi, 38 tahun, Zlatan masih menunjukkan tajinya bersama La Galaxy. Bahkan Zlatan masih mencetak banyak gol dan bersaing dengan Carlos Vela menjadi top skorer di kompetesi MLS.

Patung Zlatan, Bukan Sekadar Patung
"Ketika engkau pergi ke New York engkau mempunyai patung Liberty, ketika engkau datang ke Swedia, engkau mempunyai patung Zlatan."

Seperti dilansir dalam ESPN. Com (9/10/19), inilah kata-kata Zlatan saat merasakan kehadiran patung dirinya itu. Kata-kata ini sendiri tertulis di Instagram Zlatan.

Kata-kata Zlatan di Instagramnya ini menyiratkan pesan yang mendalam. Sebagaimana patung liberty yang menyimbolkan pembebasan dan kemerdekaan, demikian pula mungkin untuk patung Zlatan yang tak mengenakan baju itu. Apa pesan yang bisa diambil dari keberadaan patung Zlatan itu?

Yah, patung yang dibangun untuk Zlatan itu bukan hanya sekadar monumen bisu. Patung itu bisa menyimbolkan kerja keras, passion dan ketekunan Zlatan sebagai seorang pesepakbola.

Di lapangan hijau, Zlatan menunjukkan kerja keras dan ketekunannya sebagai seorang pesepakbola. Usia tidak menyurutkan kariernya sebagai pesepakbola. Kesulitan membela klub-klub besar bukanlah tantangan untuk menghalanginya meraih kesuksesan.

Meski bermain di banyak Liga yang berbeda dengan karakter yang berbeda pula, Zlatan tetap menunjukkan profesionalitasnya sebagai seorang pesepak bola hebat.

Dibesarkan di Malmo, Swedia, Zlatan berhasil melewati batas negaranya dan berkiprah di negara lain. Dia tidak hanya menuliskan namanya di negaranya lain, tetapi dia juga menuliskan negaranya di negara orang lain.

Talenta dan kehebatannya menembus batas geografi. Kehebatannya menarik minat klub besar. Kehebatannya juga telah menghibur dunia sepak bola.

Kelak kalau Zlatan pensiun, dia akan dikenang sebagai salah satu pesepakbola yang hebat. Patung perunggu itu adalah salah satu monumen yang menyimbolkan kontribusi Zlatan dalam dunia sepak bola.


KONTEN MENARIK LAINNYA
x