Mohon tunggu...
Doni Bastian
Doni Bastian Mohon Tunggu... Penulis - www.donibastian.com

menulis sebisanya..

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Menyimak Perkembangan Teknologi Sistem Pengamanan (Security System)

28 September 2021   11:14 Diperbarui: 28 September 2021   11:39 106 4 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menyimak Perkembangan Teknologi Sistem Pengamanan (Security System)
image : keselamatankeluarga.com

Seiring dengan kemajuan zaman, teknologi sistem keamanan (security system) juga terus berkembang . Berbagai inovasi  dilakukan untuk memperbaharui teknologi lama guna lebih meningkatkan keamanan di lingkungan tempat tinggal, maupun bisnis. Dari prosesor kamera yang terus ditingkatkan hingga sensor alarm yang lebih pintar dan lebih dapat diandalkan, yang mana penggunaannya menjadi lebih mudah dan praktis. Fitur yang tersedia juga lebih lengkap dan efektif daripada sebelumnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis sistem pengamanan yang digunakan dalam kehidupan modern antara lain : 

Detektor Gerakan

Sebagian besar sistem keamanan (selain sistem pengawasan) berfungsi untuk mendeteksi gerakan atau pada bentuk penginderaan lain. Bentuk-bentuk baru dari sensor berteknologi tinggi dan non-visual telah muncul pada beberapa tahun terakhir ini yang mencakup semuanya, mulai dari radar hingga teknologi deteksi suara canggih, seperti mikrofon dan sistem pendeteksi pecahan kaca yang canggih.

Meskipun belum banyak digunakan dalam sistem keamanan rumah tinggal, namun teknologi radar ini sedang memasuki aplikasi keamanan berteknologi tinggi dan canggih untuk digunakan dalam sistem sensor keamanan. Sensor gerak radar menggunakan teknologi elektromagnetik untuk mendeteksi gerakan. Hal ini berbeda dengan sinar inframerah yang banyak digunakan pada sensor gerak. 

Keunggulan sensor radar elektromagnetik ini sangat berguna untuk menghindari pemicu alarm palsu dan menyediakan deteksi gerakan yang lebih akurat dan handal, karena tidak sensitif terhadap banyak hal yang memicu alarm palsu  antara lain keberadaan hewan-hewan kecil  yang berjalan ke area target pandang, angin dan cuaca serta cahaya ambient yang berkedip.

Selain itu, sensor keamanan radar juga mampu memberikan informasi rinci tentang objek yang terdeteksi, seperti lokasi, kecepatan, dan arah gerakan. 

Dalam banyak kasus, sensor radar juga dapat diintegrasikan ke dalam sistem alarm paradox dan stasiun kamera CCTV, memicu perekaman video untuk tujuan verifikasi dan pemantauan.



Sensor Suara

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan