Mohon tunggu...
Doni Bastian
Doni Bastian Mohon Tunggu... Penulis - www.donibastian.com

menulis sebisanya..

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Aplikasi Handphone Untuk Melindungi TKI di Luar Negeri

2 November 2018   22:19 Diperbarui: 2 November 2018   22:29 455 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
image : elshinta.com


SOLUSI UNTUK MELINDUNGI TKI

Satu lagi beredar kabar miring tentang seorang TKW (pembantu RT) di Arab Saudi yang diam-diam dihukum pancung tanpa diketahui oleh pemerintah kita.

Terlepas dari apapun masalah hukum yang menimpa korban, saya menilai pemerintah tidak cukup serius dalam melindungi hak warga negara ketika bekerja sebagai TKI di luar negeri, baik di sektor formal maupun informal.

Mengapa saya berpendapat demikian?

Sudah jelas, bahwa pemertintah tak pernah memantau nasib para TKI/TKW yang bekerja di luar negeri khususnya di negara Arab. Mungkin yang menjadi pertanyaan adalah

'Bisakah pemerintah, dalam hal ini Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) memantau seluruh kondisi TKI kita di luar negeri?.

Menurut saya bisa ! Kenapa tidak?

APLIKASI BERBASIS ANDROID

Saya tidak hanya mengkritik, tapi juga punya solusi untuk menyelesaikan permasalahan TKI yang tak memperoleh perlindungan hukum dari pemerintah RI akibat kondisi mereka yang tak terpantau dengan baik.

Menurut saya, di jaman yang serba online sekarang ini pemerintah seharusnya membuat sebuah aplikasi khusus berbasis Android yang dapat  diakses melalui handphone.

Pada aplikasi ini, semua TKI yang bekerja di luar negeri diwajibkan untuk melaporkan kondisi mereka ketika bekerja di luar negeri secara periodik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan