Mohon tunggu...
DONI HERMANTO
DONI HERMANTO Mohon Tunggu... Guru - Guru Seni Budaya

Hobi : Adventure, Fishing, Menggambar, Melukis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Metode Tutor Sebaya

9 Desember 2022   21:15 Diperbarui: 12 Desember 2022   20:26 462
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran:

Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menggambar alam benda dengan menerapkan model pembelajaran Project based Learning dan memanfaatkan Media Video Tutorial serta Infografis

SITUASI:


Menggambar alam benda merupakan sesuatu hal yang asing bagi peserta didik kelas X (Sepuluh) di SMK Negeri 1 Badau. Semasa peserta didik duduk di bangku SMP tidak pernah mendapatkan pembelajaran tentang menggambar alam benda, peserta didik hanya menggambar pemandangan. Praktek menggambar alam benda ini sangat penting karena ini merupakan dasar menggambar, berlatih mengarsir, menggambar langsung secara on the spot dengan meniru objek aslinya.

Saya sebagai guru Seni Budaya di SMK Negeri 1 Badau harus mengambil peran bagaimana peserta didik mendapatkan pembelajaran ini dengan baik, peserta didik mengetahui dan mengimplementasikan pengetahuan ini dimasa mendatang dan juga sesuai dengan jurusan mereka yaitu Desain Komunikasi Visual.

Tantangan:

Tantangan yang saya temukan disini adalah minat dan motivasi peserta didik. Tidak semua peserta didik mempunyai kemampuan awal dalam menggambar alam benda. Peserta didik yang merasa tidak bisa menggambar menganggap dirinya tidak perlu jadi mereka membuat tugas gambar alam benda hanya sekedar saja.

Peran:

Peran dan  keterlibatan saya terhadap masalah ini, saya harus memberikan bimbingan yang khusus jika ditemukan peserta didik yang mengalami hal ini selama pembelajaran berlangsung.

AKSI:

Langkah-langkah:

1. Memberikan motivasi kepada peserta didik bahwa pengetahuan menggambar alam benda ini sangat penting dan akan berguna dimasa yang akan datang jika bekerja di bidang Desain.

2. Menerapkan model pembelajaran Project Based Learning

3. Menerapkan metode tutor sebaya dan demonstrasi serta bimbingan khusus bagi peserta didik yang kurang dalam menggambar.

4. Memanfaatkan media Video tutorial dan infografis

5. Sumber daya yang ada pada aksi ini adalah, Handphone Android, Infocus, Internet.

Dokpri
Dokpri

Dampak dari aksi ini adalah:

  • Peserta didik lebih paham terhadap pengetahuan dan keterampilan dalam menggambar alam benda. Hasil karya gambar alam benda peserta didik lebih meningkat dari sebelumnya.
  • Terlihat dari karyanya, baik bentuk objek yang beragam dibawa dari rumah masing-masing, komposisi, proporsi objek, arsiran lebih baik dan sesuai dengan objek aslinya.

Respons:

Sejauh ini belum ada respon terhadap pembelajaran, hanya ada beberapa guru menanyakan proses pembelajaran bagaimana melibatkan teknologi pada saat praktek pembelajaran.

Faktor Keberhasilan:

Strategi ini dikatakan berhasil karena didukung dengan model pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya. Kemudian dibantu adanya video tutorial dan infografis. Pada pembelajaran sebelumnya tidak didukung dengan video, hanya demonstrasi menggambar di papan tulis, dan yang lebih penting guru dapat memberikan bimbingan secara langsung ke meja peserta didik pada saat proses menggambar.

Pembelajaran dari Proses:

menerapkan prosedur menggambar alam benda dengan tepat dan mereka mendapatkan gambaran bagaimana prosedur membuat karya seni rupa yang lebih sulit pada pertemuan materi pembelajaran berikutnya.

Sumber: Doni Hermanto
Sumber: Doni Hermanto

Sumber: Doni Hermanto
Sumber: Doni Hermanto

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun