Mohon tunggu...
Rahma dona
Rahma dona Mohon Tunggu... Wiraswasta - wiraswasta

http://donasaurus.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Sedekah Darah

9 Januari 2018   11:58 Diperbarui: 9 Januari 2018   12:05 613
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Menjadi donatur darah, ternyata juga  bermanfaat untuk kesehatan sang pendonor  . Sederetan manfaat menjadi donatur darah , mulai dari mencegah serangan jantung  konon  juga bisa mengencangkan kulit .Niat untuk berdonor darah sebenarnya sudah lama sekali. Meskipun , belum pernah dalam kondisi memerlukan transfusi daran dan semoga jangan pernah . Memberikan darah , dalam pandangan saya adalah  kerelaan tingkat tinggi  dalam  menolong manusia lain . 

Beberapa kali , sempatan untuk jadi donatur datang  .Sayang ,tidak memenuhi syarat . Katanya perempuan yang akan menjadi donatur darah tidak noleh sedang haid , hamil atau menyusui 

Dari cerita seorang kawan , saya dapat info tentang acara donor darah di  Komplek Perguruan JL. Taman Siswa -Palembang. 28 desember 2017 lalu Alumni Perguruan Taman Siswa  , mengadakan bakti sosial . Event nya , Khitanan, Pemeriksaan PAPSMEAR , dan Donor darah . Acaranya rame , pake orgen tunggal segala dia berpromosi .

 Pada hari H , saya hadir di lokasi . Ruang-ruang kelas , disulap jadi ruang tindakan . Dapet nomor antrian 12 . Sambil menunggu giliran ,kita mengisi qustioner . Pertanyaanya sekitar kondisi kesehatan , selama beberapa bulan terakhir . Setelah itu , pemeriksaan golongan darah  . Siapa tahu , ada yang sudah lupa golongan darahnya . In cause ada yang perlu , golongan darah saya A+ . Setelah duduk menanti 30 menit , tibalah giliran . 

Saya berbaring ,  di salah satu dari 3 ranjang yang tersedia . Adik juru rawat yang manis , memeriksa  tekanan darah saya dengan tensimeter . Padanya , saya bercerita ini kali pertama saya menjadi donatur darah .Tenang katanya , ini prosesnya tidak lebih sakit dari pemasangan jarum Infus . Wow, wow jatung saya mulai berdebar. Pengalaman terakhir disusupi Infus , lumayan horor . Tekanan darah normal , maka eksekusi dilanjutkan .

Jarum di susupkan,pada pembuluh darah di lengan kanan saya . Tidakkkkkkkkkkk ......

dokpri
dokpri
Sama sekali tidak sakit. Bisa dibilang ,tidak  terasa apa-apa. Adik perawat cerita , sebaiknya beberapa hari sebelum jadi donatur kita banyak minum air putih . Darah dengan kandungan air yang tinggi , lebih cepat memgisi kantung darah . 15 menit , waktu yang saya perlukan untuk mengisi satu kantong darah . Terharu , menatap cairan merah  dalam kantong plastik itu . Sari , dari segala yang saya pernah makan dan minum . Semoga ,bisa berguna untuk menyambung hidup seseorang .Sebelum meningalkan ruangan , perawat  memberi saya kartu donor dan secarik kertas kecil . Unit Transfusi Darah PMI Kota Palembang , menunggu saya  pada 28 Maret 2018 . Tepat , tiga bulan setelah donatur .

dokpri
dokpri
Sekarang jadi kepikiran , mengajak Kompasiana  Palembang(Kompal)  bareng -bareng menjadi donatur darah . Sebagai bagian dari rencana 100 Event  Kompal 2018 . Baiklah , Mang Cek Bik Cek Admin KOMPAL saya tunggu makan-makan selanjutnya .

kompal-5a544c435e13735e3c752142.jpg
kompal-5a544c435e13735e3c752142.jpg

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun