Don Zakiyamani
Don Zakiyamani Tukang Tulis

Berpikir dan Dzikir sebelum bertindak demi hasil yg menenangkan hati http://www.donzakiyamani.ml Wa: 081360360345

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Marathon; Cara Cerdas Mencerdaskan

7 Oktober 2017   00:48 Diperbarui: 7 Oktober 2017   03:33 1724 4 0
Marathon; Cara Cerdas Mencerdaskan
Sumber Foto: thejakartamandiri.com

Pakar-pakar neurosains dalam penelitiannya menyebutkan bahwa hippocampus, otak yang berkaitan dengan memori akan mengalami penyusutan diusia lanjut. Penelitian juga mengatakan bahwa dengan aktifitas fisik yang rutin, hippocampus dapat tumbuh dan berkembang.

Olahraga yang paling direkomendasikan oleh para pakar kesehatan, olahraga maupun neurosains adalah olahraga lari. Selain berfungsi memperkuat fisik, olahraga lari juga dapat meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat dan berpikir.
Itu artinya olahraga lari berperan secara langsung maupun tidak dalam pembangunan manusia. Event olahraga lari sejenis maraton misalnya, event kolosal yang bisa diikuti siapapun. Event maraton sering dilaksanakan institusi pemerintahan, swasta dan BUMN. Tahun ini Bank Mandiri berencana melaksanakan Jakarta Marathon Mandiri 2017.

Event ini harus dilihat dari banyak sisi, salah satunya usaha ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, tentu saja secara otomatis menyehatkan raga. Sebagaimana para pakar mengatakan manfaat maraton bukan hanya fisik akan tetapi jiwa sekaligus otak.

Kerap disuguhi berita hoax, manusia Indonesia perlu disehatkan otaknya. Otak yang sehat akan mampu memilah antara hoax dan kebenaran, memilah antara mudharat dan manfaat. Harapan masyarakat tentunya event sejenis Jakarta Marathon Mandiri 2017 dapat dilaksanakan didaerah-daerah.

Ini sekaligus tantangan bagi instansi lain agar melakukan event sejenis. Mengingat manfaat dari maraton yang begitu besar, kita patut apresiasi langkah Bank Mandiri, dan sebaiknya instansi lain melakukan hal yang sama. Event-event sejenis Jakarta Marathon 2017 dengan sendirinya akan membentuk kebiasaan bagi masyarakat.