Regional

5 Prestasi UAJY Bahkan di Kancah Internasional

14 September 2017   02:04 Diperbarui: 14 September 2017   11:28 501 0 0
5 Prestasi UAJY Bahkan di Kancah Internasional
Paduan Suara Mahasiswa Universitas Atmajaya Yogyakarta (UKM PSM) berhasil meraih 2 medali Emas dan satu medali Perak dalam ajang World Choice Games 2016 di Sochi, Rusia, 6-9 Juli 2016 (gambar oleh: Tempo.co)

                                                                                        PSM UAJY Raih 2 Medali Emas Dan 1 Medali Perak Di Rusia (foto oleh: uajy.ac.id)

 https://www.google.co.id/imgres?imgurl=http%3A%2F%2Fwww.uajy.ac.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2016%2F07%2F20160710_123300-1024x576.jpg&imgrefurl=http%3A%2F%2Fwww.uajy.ac.id%2Fberita%2Fpsm-uajy-raih-2-medali-emas-dan-1-medali-perak-di-rusia%2F&docid=Smb_c28JcUqqVM&tbnid=Z0hg7YFAwfFGFM%3A&vet=10ahUKEwiogonI5aPWAhVFO48KHfCKCnEQMwhqKDwwPA..i&w=1024&h=576&bih=918&biw=1280&q=psm%20uajy&ved=0ahUKEwiogonI5aPWAhVFO48KHfCKCnEQMwhqKDwwPA&iact=mrc&uact=8


Univeritas Atmajaya Yogyakarta merupakan salah satu Universitas Swasta yang mana tak bisa dipandang sebelah mata. Meski sebagai Perguruan Tinggi Negeri namun tak dipungkiri dengan segala bidang prestasi yang mana mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi Negeri lainya seperti UGM, ITB, UI dan lain sebagainya. Ada beberapa prestasi UAJY yang mampu menembus dunia internasional.

1. Paduan Suara Mahasiswa UAJY Raih 2 Medali Emas WCG Russia

Generasi muda Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Kali ini, tim paduan suara Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UKM PSM UAJY) menyabet dua medali emas dan satu medali perak dalam ajang World Choir Games (WCG) 2016 di Sochi, Rusia. Penyelenggaraan WCG ke-sembilan tahun 2016 ini dilaksanakan di area Olympic Park, Sochi, Rusia dan diikuti oleh 283 tim dari 76 negara, dan Indonesia mampu menyingkirkan lawan-lawannya. Dengan kemenangan ini, nama Indonesia, budaya dan lagu daerah di Indonesia semakin dikenal. Selain lagu-lagu yang magis serta alat musiknya, kostum Dayak inilah yang paling menyedot perhatian para penonton.

2. Mahasiswa UAJY Raih Medali Emas Taekwondo di Korea Selatan

Prestasi yang diukir tak hanya dari bidang akademik, namun prestasi non-akademik pun mampu di tonjolkan. Salah satunya dari bidang olah raga, Taekwondo. Salah satu mahasiswa UAJY mampu menyabet medali Emas dalam ajang Chungdokwan World Taekwondo Competition 2017 di Korea Selatan. UAJY mengirimkan dua wakilnya yakni Alfonsus Edo Winardi, mahasiswa Program Studi Manajemen dan Pangisi Yando Oktoriyanando, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi.

3. Juara 1 Jurnalisme Warga Metro TV

Rahardiyan Perestroika, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) memenangkan citizen journalism yang diselenggarakan oleh Metro TV dalam program Jurnalisme Warga. Dalam karyanya yang berjudul "Usia Bukan Halangan untuk Bekerja" mendapatkan apresiasi terbaik di bulan Agustus 2013 dari Wideshot Metro TV untuk kategori News Feature. Rahardiyan menerima hadiah berupa Handycam SONY DCR-P J6E yang diberikan Wideshot Metrotv saat acara pelatihan Jurnalisme Warga pada hari Selasa, 17 September 2013 bertempat di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Karya Rahardiyan menyoroti tentang masalah-masalah sosial yang ada di Yogyakarta. Dalam karyanya ia menyampaikan kisah inspiratif sosok perjuangan dari seorang wanita tua bernama Mbah Sum yang menjajakan tenongan di Yogyakarta dengan mengangkat kearifan lokal yaitu masih menggunakan pakaian kebaya untuk bekerja.

4. Juara III Indocement Award 2016

Tim mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Atma Jaya Yogyakarta, masing-masing, Hendy Sebastian, Michael Boenardi dan Nicolas ketiganya dari Fakultas Teknik Sipil serta Rafael Dwijaya Karto Singgih dari Fakultas Arsitektur dengan pembimbing Dr. Ir. Ade Lisantono, M.Eng, berhasil meraih juara III pada Kejuaraan Indocement Award untuk kategori Fabricated House Competition 2016. Fabricated House Competition adalah kompetisi perancangan rumah pabrikasi berbasis semen berkonsep open frame dimana panel-panel dinding bersifat non-struktural, yang diselenggarakan oleh P.T. Indocement Tunggal Prakarsa.

Dalam kompetisi itu peserta merancang dan membuat model rumah pabrikasi dengan memperhatikan beberapa faktor, yakni,kekuatan, kekakuan, inovasi, ekonomis, ramah lingkungan, keawetan dan kemudahan pelaksanaan. Dalam kompetisi Fabricated House penilaian meliputi aspek-aspek, Perencanaan & Perancangan, Structural Joint Test, Final Report; dan Konstruksi. Pada babak final yang dilaksanakan pada tanggal 9 --11 November 2016 pemenangnya adalah, Juara I Universitas Brawijaya Malang, Juara II Universitas Negeri Malang, dan Juara III Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY),

5. Atmajaya Yogyakarta Finalis 4th NUEDC 2010

Even tahunan ini menjadi ajang bagi 76 universitas di Indonesia dalam adu intelektualitas, pemikiran kritis dan logika dalam memperdebatkan mosi- mosi yang ada. Atma Jaya Yogyakarta merupakan kandidat yang cukup mengejutkan mengingat finalis lain merupakan universitas-universitas negeri. Pemenang Pertama dari NUEDC 2010 kali ini adalah Universitas Diponegoro, sedangkan Universitas Indonesia sebagai runner up I, UGM sebagai runner up II serta Universitas Atma Jaya Yogyakarta sebagai Runner up III. Tim Universitas Atma Jaya Yogyakarta kali ini terdiri dari dua orang mahasiswi, Keinesasih Hapsari Puteri dan Thalita Evani Hindarto. Keduanya adalah mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Prodi Ilmu Komunikasi. Prestasi ini adalah prestasi ketiga dalam semester ini. Sebelumnya Tim meraih gelar juara I dalam NUEDC Regional dan juara II Alsa Crushbone Debate Competition.

Menjadi pegiat Civitas Akademisi tak sepenuhnya menoreh prestasi dibidang akademik, namun tak menutup kemungkinan untuk mengasah soft skill yang mana tak menutup kemungkinan bakat tersebut dapat menunjang masa depan. Hal yang lebih penting adalah terus nelajar, bekerja dan berprestasi dalam segala bidang dengan cara yang positif.