Mohon tunggu...
Stephanus Nurdin
Stephanus Nurdin Mohon Tunggu... Dokter

Medical Hypnotherapist dan Hypnosis Instructor

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Dominasi Online Saat Wabah, Mengubah Faktor Keberuntungan

26 Maret 2020   22:13 Diperbarui: 27 Maret 2020   09:46 14 0 0 Mohon Tunggu...

Dalam keadaan sekarang ini dimana segala sesuatunya semua dilakukan di rumah karena ada proses alam yang terjadi dan bisa diperhitungkan sebab dan akibatnya jika tidak dilakukan sebuah cara penghambat atau pemutus masalah, maka akan terjadi sesuatu perubahan yang mesti dipahami bersama.  Ada krisis yang merubah perilaku dalam aktifitas kita sehari-hari karena kita termasuk di dalam sebuah sistem dalam kehidupan yang sedang berlangsung, dan kita adalah sebagai pelaku yang diberi akal untuk mengatasi masalah dalam mengatasi dikehidupan ini. 

Hidup  adalah sebuah perjalanan seakan sebuah permainan dan kita adalah pemain-pemain yang sesungguhnya sedang bertanding. Dalam permainan tentunya akan berakhir dengan sebuah tanda, siapa yang menjadi pemenang diakhir sebuah pertandingan. Apakah sama halnya nanti disaat hidup dalam tanda petik ada wabah merajalela seperti sekarang ini dan membuat semua aktifitas  berhenti dan semua diminta melakukan aktifitas dari   rumah? Mungkin saat ini yang berkembang sangat besar adalah semua aktifitas online. Apapun sekarang yang menjadi idola adalah bisnis online, semua dipesan online. Sebagai contoh ada yang langsung menjual  masker online dan langsung dipromosikan serta diantar langsung ke pembeli. Sebagai pemain yang produknya sangat diperlukan tentunya akan laris manis dan hasilnya sekarang menjadikan harga masker meningkat. Setelah masker pabrikan habis stock barulah pemain-pemain baru yang menawarkan produk home madenya, dan itu juga sangat laku dan dicari. Yang jadi pertanyaan apakah permainan ini akan berlangsung lama, bagaimana setelah wabah berakhir, tentu tidak. Yang perlu diperhatikan adalah kemampuan para pemain baru itu untuk mengembangkan diri lagi dengan usaha lain yang bisa diperdagangkan secara online. Itu pasti.

Yang jadi bahan pemikiran juga adalah para pemain lama yang tetap ada dan merasa masih sangat besar dan kerkuasa dan menganggap pemain baru akan runtuh dengan sendirinya. Tetapi saat ini banyak sekali anak-anak muda yang baru melangkah tapi seakan-akan siap menyusul pemain lama. Suatu saat nanti akan tampak bahwa siapa yang mau mencoba sambil meraba dalam bereksperimen untuk berkembang adalah calon-calon pemegang piala pemenang itu.

Para pemain baru banyak sekali hambatan terutama dari diri sendiri terperangkap dalam comfort zone, zona kenyamanan yang membuat  enggan untuk keluar dan mau menghadapi tantangan. Dalam pertandingan itu akan muncul banyak sekaii tantangan, seperti ongkos yang perlu dikeluarkan, bagaimana pemasarannya, bagaimana jika gagal dan lain-lain. Dalam keadaan sekarang ini tentunya diharapkan para  pemain juga memikirkan untuk melakukan eksperimen dalam mengembangkan langkah berikutnya untuk sesuatu di masa depan. 

Cari, lihat dan cobalah, dengan suatu pandangan yang mendalam dari sebuah niat dan harapan untuk melanjutkan langkah itu. Keberhasilan dan kegagalan itu hanyalah sebuah hasil, dimana jika berhasil tentu bisa melanjutkan lagi permainan itu, jika gagal itu adalah hasil dimana ada sesuatu langkah yang wajib diubah supaya keberhasilan bisa diraih. Perbedaannya adalah cara kita melihat pertumbuhan dan perkembangan dari sebuah permainan, sesungguhnya yang berhasil didepannya bisa saja ada hambatan-hambatan baru yang tentu saja tidak kelihatan, tetap lanjutkan dan penghalang atau penyulit akan tampak dan bisa ambil langkah berikutnya sebagai antisipasi ketika masalah itu muncul dan segera bisa keluar dari masalah. 

Dalam mencari langkah yang akan kita ambil untuk menjadi sebuah keputusan ikut dalam pertandingan nanti adalah lakukan eksperimen yang sesuai dan cocok dengan apa yang berkenan dan bisa jadi adalah kemampuan-kemampuan tersembunyi dari diri anda. Jika susah mendapatkannya langkah ke depan itu tentu bisa juga bersama-sama dengan pemain lain untuk bisa mengembangkan sesuatu secara bersama-sama, tentunya yang sepikir dan sejalan. 

Dapat kita bayangkan jika semua  bisa dilakukan di rumah tentu akan membuat kantor-kantor kosong, rapat atau meeting bisa dilakukan secara online, kursus atau sekolah bisa online, tentu semua sendi kehidupan ini akan ikut berubah dan jika kita tidak ikut dalam permainan ini maka tidaklah akan mendapat apa-apa, hanya kembali kepada kebiasaan awal dan bisa tertinggal. Itu hanya sebuah pilihan dalam melangkah.

Memang tidak mudah menemukan langkah-langkah untuk bisa melangkah di dalam sebuah eksperimen dan harapan, tidaklah selalu indah, tapi ingat perubahan itu tidak akan terjadi kalau tidak dimulai dari sekarang, jadi bereksperimenlah untuk menemukan langkah yang terbaik dalam hidup.

Biarkan dalam keadaan wabah yang ada sekarang ini menjadi sebuah kesempatan untuk melihat langkah baru dalam kehidupan, karena jika wabah lama berlalunya, minimal kita sudah melakukan sesuatu sebagai modal yang siap dikembangkan dilangkah kehidupan nanti. Jika saja wabah berlalu dengan cepat tentunya sebagian pemain lama akan kembali ke permainan lama dan akan begitu-begitu saja, berbeda dengan pemain baru yang akan bertambah cepat dalam langkahnya menyusuri kehidupan nanti diujung sebuah permainan yang baru.

Jadilah pemenang dan unggul dalam langkah hidup dimasa depan

Salam sehat mulia dari saya yang ingin melihat anda sebagai pemenang. (SPN)

VIDEO PILIHAN