Dody Kasman
Dody Kasman pegawai negeri

Orang Indonesia yang tinggal di daerah. \r\n \r\n\r\nTwitter : @Dody_Kasman

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Via Vallen Meraih Bintang, Dari Panggung Kampung ke Pentas Asia

6 Agustus 2018   01:31 Diperbarui: 6 Agustus 2018   18:25 792 1 1
Via Vallen Meraih Bintang, Dari Panggung Kampung ke Pentas Asia
Tangkapan Layar YouTube 18th Asian Games 2018

Pesta olahraga terbesar Asia, Asian Games 2018 tinggal hitungan hari. Yang paling ditunggu tentu saja upacara pembukaan resmi atau opening ceremony yang akan digelar tanggal 18 Agustus mendatang.

Semakin penasaran seperti apa kemeriahan pesta pembukaan dan kemegahan setting panggung yang konon terbesar di dunia itu. Terlebih Wishnutama, pentolan Net TV, yang bertindak sebagai creative director opening ceremony digadang-gadang akan mempersembahkan pertunjukan spektakuler dan berkelas.

Namun jujur yang paling saya tunggu pada opening ceremony itu adalah penampilan pedangdut Via Vallen. Pelantun hits "Sayang" itu bisa dipastikan tampil sebab dialah penyanyi yang terpilih untuk menyanyikan lagu tema resmi atau Official Theme Song Asian Games 2018.

Dari 13 lagu resmi Asian Games yang sudah diluncurkan beberapa waktu lalu, lagu "Meraih Bintang" yang dinyanyikan Via Vallen tercantum sebagai "Official Theme Song," sementara 12 yang lain adalah "Official Song." Bisa dibilang "Meraih Bintang" adalah lagu utama yang paling sering diputar pada setiap event menjelang dan saat perhelatan Asian Games 2018.

Terpilihnya Via Vallen menyanyikan official theme song sempat mendapat kritik dan protes. Banyak yang mempertanyakan mengapa harus genre dangdut, bahkan lebih personal lagi, mengapa harus Via Vallen? Sementara banyak artis yang katanya lebih populer dan lebih bermutu dengan genre yang lebih modern daripada dangdut.

Mengapa bukan lagu lain dalam album resmi "Energy of Asia" yang dijadikan official theme song. Dari 13 lagu dalam album tersebut, banyak yang menginginkan lagu "Bright As The Sun" yang dijadikan official theme song.

Bahkan tak sedikit yang "ngebet" artis idolanya jadi penyanyi lagu resmi Asian Games meskipun sebenarnya tidak masuk dalam daftar yang dirilis INASGOC selaku panitia nasional penyelenggara Asian Games 2018.

Salah satunya dan yang paling gencar ditawarkan pemujanya adalah Agnes Monica yang kini punya nama internasional Agnez Mo. Jauh hari sebelum beberapa lagu resmi Asian Games diluncurkan, penggemar Agnez Mo secara masif mempromosikan idolanya agar bisa masuk dalam daftar penyanyi lagu resmi Asian Games.

Keseriusan fans Agnez ditandai dengan munculnya beberapa video klip buatan penggemar yang mereka sebut sebagai "bakal" lagu tema resmi Asian Games 2018. Lagu yang mereka promosikan adalah "Be Brave" yang sebenarnya lagu lawas sang artis yang konon sudah "go international" itu. Lagu ini pertama kali dirilis tahun 2013 dalam album self tittled "Agnez Mo."

Video klip "fanmade" malah ada yang sudah muncul sejak akhir tahun 2017. Yang pertama muncul adalah video di YouTube bertajuk "AGNEZ MO -- BE BRAVE (Theme Song Asian Games 2018) yang diunggah oleh channel Ardiyan tanggal 31 Desember 2017. Hingga artikel ini ditulis, video kreasi fans itu ditonton sebanyak 167 ribu kali dengan 3.300 like.

Berikutnya video yang sangat meyakinkan karena digarap cukup serius seolah-olah memang video klip resmi Asian Games, bahkan sanggup mengecoh beberapa media online ketika itu yang ikut menyebutnya sebagai soundtrack Asian Games 2018.

Video berjudul "BE BRAVE (ASIAN GAMES 2018 theme song) -  AGNEZ MO" itu diunggah oleh akun juliTV tanggal 10 Februari 2018. Video musik yang oleh penggemar Agnez Mo sangat diharapkan bisa menjadi lagu resmi Asian Games 2018 itu, hingga tulisan ini diunggah telah ditonton 970 ribu kali dengan 28 ribu like.

Saat dua video klip fanmade ini sudah muncul di YouTube, baru satu lagu resmi Asian Games 2018 yang dirilis yatu "Bright As The Sun," sedangkan lagu resmi lainnya mulai dirilis bulan Mei hingga Juli 2018. Sementara "Meraih Bintang" Via Valen baru diumumkan rencana rekamannya awal Juni 2018 dan dilaunching secara resmi beberapa minggu kemudian, tepatnya tanggal 30 Juni 2018.

Bisa dikatakan, pemilihan official song dan official theme song sudah melalui proses cukup panjang dengan berbagai pertimbangan yang matang dan memperhatikan masukan dari berbagai pihak yang kompeten. Dan sayang sekali, faktanya "Be Brave"  Agnez Mo tak muncul dalam daftar lagu resmi Asian Games 2018.

Justru nama pedangdut Via Vallen yang muncul dan mendapat kehormatan menyanyikan official theme song "Meraih Bintang." Via Vallen sendiri menyadari munculnya kontroversi terpilihnya dia menyanyikan lagu resmi Asian Games. Bahkan sebagai pedangdut ia sendiri mengaku sempat tak percaya mendapat kepercayaan tersebut.

Via Vallen terkesan merendah saat ditanya tanggapannya terkait berbagai komentar yang membanding-bandingkannya dengan Agnez Mo. Bahkan ia berpendapat, Agnez Mo yang diakui sebagai idolanya, sebenarnya sangat layak untuk menyanyikan lagu resmi Asian Games. "Ya memang Agnes Monica mau digimanain juga dia layak selayak layaknya, cuman memang mungkin kali ini memang rezekinya Via," ujarnya saat diwawancarai Irfan Hakim untuk vlog deHakims.

Tentang alasan dipilihnya Via Vallen sebagai penyanyi lagu resmi Asian Games 2018 sudah beberapa kali dijelaskan oleh petinggi INASGOC dan pihak yang kompeten lainnya. Bahkan Ketua INASGOC Erick Thohir langsung ikut bersuara menjelaskan alasan dipilihnya genre dangdut dan Via Vallen.

Pada siaran persnya saat launching "Meraih Bintang" awal Juli 2018, Erick Thohir memaparkan alasan dipilihnya pedangdut asal jawa Timur itu. "Via Vallen kami tunjuk sebagai salah satu artis pengisi di Asian Games karena talenta yang luar biasa dan juga besarnya pengaruh musikalitas Via di Indonesia saat ini. Kami ingin seluruh masyarakat Indonesia berpesta dan bergoyang bersama menyambut Asian Games 2018," terang Erick.

Alasan serupa kembali dipertegas Erick pada program Mata Najwa baru-baru ini. Dijelaskannya, INASGOC bekerjasama persatuan radio seluruh Indonesia dan Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) menyeleksi penyanyi terbaik Indonesia dari semua genre. Sementara untuk official theme song harus lagu yang mudah diingat dan gampang dinyanyikan, sebagaimana "Meraih Bintang."

Sementara alasan dipilihnya dangdut karena genre ini khas Indonesia dan sangat populer di masyarakat. "Ini bukan hanya event olahraga tapi juga national building. Kita sekaligus mempromosikan budaya kita, salah satunya lagu dangdut. Banyak yang suka, buktinya likenya saja di YouTube sudah hampir 15 juta," jelasnya.,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2