Mohon tunggu...
Muhammad Dodi Kuncoro Jati
Muhammad Dodi Kuncoro Jati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mantap

Jujur tanamkan sejak dini

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Edukasi Pencegahan Covid-19 melalui Media Poster dan Hand Sanitizer Alami

3 September 2021   00:25 Diperbarui: 3 September 2021   00:32 83 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


Gambaran Potensi Desa

Kelurahan Tegalgede merupakan salah satu kelurahan yang terletak di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Secara geografis, kelurahan Tegalgede merupakan salah satu kelurahan yang berada di wilayah Kota Administratif Kabupaten Jember dengan luas wilayah 2,56 km2. 

Luas wilayah di Kelurahan Tegal Gede terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya wilayah pemukiman sebesar 42,6%, luas pekarangan 21,8%, dan persawahan sebesar 4,3% dari total wilayah. 

Menurut data BPS Kabupaten Jember (2020), demografi jumlah penduduk di Kelurahan Tegalgede tahun 2019 adalah 9.270 jiwa dengan rincian jumlah penduduk laki laki 4.605 jiwa dan jumlah penduduk perempuan 4.665 jiwa. Dengan total penduduk sebanyak 9.270 jiwa, Kepadatan Penduduk (Jiwa/km2) di kelurahan Tegalgede adalah 3 621 jiwa/km2.

Menurut data BPS kabupaten Jember (2020), sebgaian besar mata pencaharian penduduk di kelurahan Tegalgede adalah di bidang pertanian. Sebanyak 1.030 warganya berprofesi sebagai petani. 

Selain bekerja di bidang pertanian, banyak warga di kelurahan ini yang berkerja sebagai pedagang. Sebanyak 660 warganya berkerja sebagai pedagang. 

Kemudian, sebanyak 380 warga kelurahan Tegalgede berkerja di bidang kontruksi dan sebanyak 256 warga bekerja di bidang angkutan transportasu. Untuk bidang industri / kerajinan, terdapat 186 warga kelurahan Tegalgede yang berprofesi di bidang industri dan sebanyak 2.931 warga bekerja diluar bidang tersebut.

Identifikasi Permasalahan

Gambar 1. Identifikasi masalah dengan mitra sasaran/dokpri
Gambar 1. Identifikasi masalah dengan mitra sasaran/dokpri
PPKM yang diperpanjang menandakan covid-19 masih menjadi permasalahan yang wajib diatasi secara tuntas. Berdasarkan pengamatan pribadi, di masa Pandemi covid-19 ini banyak masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan terutama dalam memakai masker. 

Ketika berada di tempat umum, misal di masjid atau di bengkel sering dijumpai masyarakat yang tidak memakai masker. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan