Mohon tunggu...
Dody K
Dody K Mohon Tunggu... -

Hidup dijalani dengan asik aja

Selanjutnya

Tutup

Catatan Artikel Utama

Di Dunia Ini Tak Ada yang Kebetulan, Temans

23 Maret 2015   23:26 Diperbarui: 17 Juni 2015   09:11 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hanya ingin share sebuah cerita pribadi, bukan untuk menggurui.ataupun ingin riya, hanya ingin berbagi pengalaman yang mungkin dpt dijadikan pelajaran hidup bagi yang membacanya.

Jum’at itu adalah hari yang sangat berkesan olehku, sebuah kejadian dimana Sang Maha Pencipta menunjukkan “sedikit”dari lingkaran kebaikanNya. Kejadian yang membuat saya lebih pasrah dan ikhlas akan sebuah ketentuan. Tidak  ada suatu kebetulan dikehidupan ini, semua tergaris sangat jelas dihadapan Tuhan pemilik dunia.

Pagi Jum’at sebelum kekantor saya pergi ke sebuah bank dgn suatu urusan, ketika mencari celah kosong untuk memarkirkan motor, saya melihat ada satu space yang saya kira cukup untuk memarkirkan motor yg saya kendara’i. Ketika memarkirkan motor, tanpa sengaja stang motor saya menyenggol spion motor sebelah saya, dan “trakkk” retak la kaca spion motor itu. “pak, kacanya retak” kata bapak dibelakang saya.saya menoleh kebelakang”waduh iya yah, retak” jawab saya”bapak pemilik ni motor?” “iya pak,” ok, tunggu bentar ya pak, saya masuk ke bank dulu, nanti kita selesaikan” jawab ku. Setelah urusan di bank selesai saya bergegas menuju parkiran, celingak, celinguk mencari bapak pemilik motor yg kaca nya saya retak”in. Akhirnya ketemu, diujung koridor sambil menelpon,”gimana pak” tanya saya” diganti aja pak dgn yg sama” “berapa pak?”saya kurang tahu pak”ada baiknya kita ke bengkel resminya saja”,setelah di lihat dgn seksama motor yg spionya saya retak’in itu teryata masih baru..#tepok jidat...Dan kami pun beriringan menuju bengkel. Singkat cerita ketika sampai dibengkel  tersebut  part spion tersebut tidak ada, dan kalaupun ada musti inden satu hari” brapa harganya pak?”tanya saya ke pegawai bengkel”kisaran 250 ribu pak”,”wah lumayan juga ya”.”kita cari di bengkel lain saya pak, mungkin tempat lain ada”ajak saya ke pemilik motor.kami pun mencari bengkel yang lain, ketika sampai kebengkel yg lain, jawabannya pun sama, spart part spion nya inden. “waduh, gimana ya pak, semua inden, atau nanti saya suruh temen saya yang cari, nanti saya anter ke tempat bpk bekerja gimana?” boleh juga sih pak” kebetulan saya buru-buru juga mau masuk kantor lagi, saya ijin sebentar sama bos saya mau cek gaji”.”belum masuk gajinya pak?”tanya saya”iya pak, kata si bos sudah di transfer tapi setelah saya cek kebank tadi kok belum masuk,padahal saya butuh sekali uang nya buat bayar utang”. Keluh si bapak.”kerja dimana pak? Tanya saya” kerja dipabrik pak” oh..”banyak utang nya pak?” enggak banyak sih pak, Cuma saya tidak enak sama pemberi utang, saya janji hari ini bayar”. Sekelebat saya berpikir, kenapa tidak dikasi cast aja uangnya utk mengganti spion motor  sama si bapak, toh harganya sudah ketahuan 250 ribu, saya tidak report-report anter spion pengganti, hemat waktu.

“Begini pak, kan tadi kita tau tuh harga spion bapak, kisaran 250 ribu sepasang, gimana saya ganti cast saja 250 ribu, nanti bapak cari sendiri spion nya, perkara itu harga spionya nanti dibawah 250 saya ikhlas, perkara nanti harganya lebih 250 ribu saya harap Bapak ikhlas juga”, “trus spion yg retak ini  gimana pak?,saya copot’in dan kasih ke bapak?”tanya di pemilik motor.”gak usah pak, saya ikhlas buat bapak saya, lagian buat apa juga saya ambil, gak pas dipasang dimotor saya, hehehe”canda saya.saya pun mengeluarkan uang 250 ribu dibalik dompet saya, dan menyerahkanya ke bapak tersebut, si Bapak menerima. Tanpa saya duga  ia menyerahkan uang 50 ribu ke saya” cukup 200 ribu saja pak”,”loh kok begitu? Saya ikhlas pak” jawab saya ,”saya juga ikhlas pak”."mungkin ini jalan Allah memberikan solusi untuk membayar utang saya pak, Allah kirim bapak buat lunas’in hutang saya”,”ah bapak berlebihan”elak saya” bener pak, saya percaya didunia ini tak ada suatu yg kebetulan, saya punya utang 200 ribu ke teman saya pak,tadi saya ke bank buat ambil duit gaji saya, ternyata belum masuk, saya jadi binggung buat melunasinya, padahal saya janji sama temen saya buat melunasi hari ini, eh tiba-tiba bapak parkir di dekat motor saya, menyenggol spion saya, sebenarnya retaknya gak terlalu besar, berhubung motor ini baru, agak kurang sreg aja, kalo pun bapak tadi bilang minta maaf saja, saya tak mempersoalkan, tapi bapak tadi langsung bilang akan diselesaikan, ya saya tunggu”.” Oh gitu ya pak”.”iya pak, setelah bapak ngasi solusi ganti duit saja, biar saya beli spion sendiri,dan spion yg retak ini bapak ikhlas”in buat saya,  saya seperti tersadar sepertinya permasalahan hutang saya akan selesai”.”Masha Allah”jawab saya.”jadi saya ikhlas, saya kembalikan 50 ribu ini ke bapak”.saya pun menerima uang tersebut.”terimakasih ya pak, semoga Allah mengganti uang yg bapak kasih kesaya berlipat-lipat”.”amin pak”, “semoga bapak juga dilancarkan rezkinya” kami pun salaman, dan pamit.

Sepanjang perjalanan menuju kantor, saya  masih terngiangg-ngiang dg perkataan bapak itu tadi, benar adanya bahwa tidak ada yang kebetulan di dunia ini, semua sudah ada ketetapanNYA, tinggal kita yang memaknai dari semua kejadian yang terjadi pada kehidupan kita, jika kita terima dengan ikhlas akan berbuah manis, jika tak terima dgn ketentuanNYA dipastikan akan berbuah pahit. Saya hanya berpikir yah, sekali-kali bersedekah dihari jum’at dg nominal yg besar hehehe. Dan secara “tidak” kebetulan kotbah Jum’at di masjid hari itupun menceritakan makna sedekah dan ikhlas.klop.

Kejadian tersebut terlupakan oleh saya, sampai saya tersadar setelah dua minggu pulang dari tanah yang diberkahi dan dirahmati Allah, bahwa banyak sekali kejadian-kejadian yg  saya dan istri diberi kemudahan-kemudahan, bahkan diberiNYA kejutan-kejutan “kecil” di sana, yang membuat air mata ini selalu basah akan tangisan kebahagiaan, membuat kami merasa “dijamu” oleh Pemilik Dunia, membuat kami berdua“merasa” manusia paling berbahagia. Saya merasa inilah ganjaran yang diberikan Allah akan ke ikhlasan atas kejadian yang saya alami, berlipat-lipat, jauh dari nominal yg saya keluarkan untuk mengganti spion motor,ternyata untuk mendapatkan kebahagian, kuncinya hanya pasrah dan ikhlas akan ketetapanNya..Masha Allah...

Terimakasih telah membaca kisah ini, semoga menjadi sebuah renungan bahwa di dunia ini tak ada yang kebetulan, semua sudah ditetapkan..

Palembang, 23 Maret 2015


Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun