- LATAR BELAKANG
Peningkatan profesionalisme SDM dipandang perlu untuk meningkatkan kapasitas pelayanan, mengingat bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur pelayanan memiliki peran strategis sebagai pendorong (key leverage) dari reformasi birokrasi. Adapun arah kebijakan pembangunan di bidang aparatur  negara adalah  "meningkatkan profesionalisme, netralitas  dan kesejahteraan SDM aparatur. Peningkatan kualitas SDM aparatur diarahkan untuk mewujudkan SDM aparatur yang profesional, netral, dan sejahtera" Hal tersebut mengindikasikan sangat pentingnya profesionalitas aparatur dalam rangka meningkatkan dalam pelaksanaan tugas administrasi pemerintah desa.
Aspek-aspek  atau  bidang  yang  hendak  dibangun  ditingkat  pemerintahan  desa/pemeritahan terendah  adalah  profesionalisme  aparat  pemerintah  desa  dalam  pelaksanaan  tugas-tugas administrasi pemerintahan, disamping memperkuat partisipasi masyarakat dan kelembagaannya serta aspek-aspek lainnya. Keberadaan aparat desa yang juga diserahi tugas dibidang administrasi, menduduki posisi yang sangat  penting karena  sebagai organ pemerintahan yang paling bawah. Dengan demikian aparat desa dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari, terutama yang berhubungan dengan penyajian data dan informasi yang sangat dibutuhkan, semakin dituntut adanya kerja keras dan kemampuan yang optimal guna memperlancar pelaksanaan tugas pemerintahan khusus nya tugas administrasi desa. Hal ini berkaitan dengan penyajian administrasi data desa yang secara tertib dan teratur harus dilaksanakan di tingkat desa demi data desa yang akurat
Maka, untuk meningkatkan manajemen Pemerintahan Desa perlu dilakukan penataan administrasi agar lebih effektif dan effisien, penataan administrasi merupakan pencatatan data dan informasi dalam mendukung penyelenggaraan Pemerintahan Desa, maka perlu dilakukan langkah penyempurnaan terhadap pelaksanaan administrasi. Ada beberapa pengertian secara rinci terkait Penyelenggaraan Administrasi Desa yakni ;
Administrasi  Umum  adalah  kegiatan  pencatatan  data  dan  informasi  mengenai Â
    Kegiatan Pemerintahan Desa pada Buku Administrasi Umum di Desa.
Administrasi Penduduk adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai penduduk pada Buku Administrasi Penduduk di Desa.
Administrasi Pembangunan adalah kegiatan pencatatan data dan informasi pembangunan yang akan, sedang dan telah dilaksanakan pada Buku Administrasi Pembangunan di Desa
- JALAN KELUAR
Software Sistem Terpadu Administrasi Data Desa Online adalah sistem database kependudukan yang dirancang dengan sistem pelayanan satu pintu (one gate service) sehingga memudahkan sistem pelayanan di desa/ kelurahan secara cepat dan akurat. Apalagi sudah dilengkapi versi online yang bisa membantu masyarakat mengurus surat-surat atau perijinan cukup via laptop pribadinya atau HP. Setelah masyarakat login dan input kebutuhan administrasinya maka tinggal datang ke kantor Desa/Kelurahan untuk mengambil print outnya yang butuh kelengkapan stempel dan tanda tangan Kepala Desa / Kelurahan
Software Sistem Terpadu Administrasi Data Desa Online berisi sekumpulan subsistem yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan saling berinteraksi dan bekerjasama antar bagian satu dengan yang lainnya untuk melakukan fungsi pengolahan data, menerima masukan (input) berupa data, kemudian mengolahnya (Processing) dan mengeluarkan keluaran (output) berupa informasi untuk mendukung kegiatan operasional dan managerial dalam sistem data di desa/ kelurahan.
- KELEBIHAN SISTEM TERPADU MANAJEMEN DATA DESA
Validasi data penduduk secara otomatis