Mohon tunggu...
Djulianto Susantio
Djulianto Susantio Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis dan bloger di bidang arkeologi, museum, sejarah, astrologi, palmistri, numismatik, dan filateli.

Arkeotainmen, museotainmen, astrotainmen, dan pegiat komunitas. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com (tentang arkeologi) dan https://museumku.wordpress.com (tentang museum)

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Berkoleksi Uang Lama sebagai Investasi untuk Masa Depan

18 Januari 2022   08:42 Diperbarui: 19 Januari 2022   07:15 947 18 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Koleksi uang kertas yang mula-mula saya punya (Dokpri)

Sekitar 1981 saya mendapat beberapa lembar uang kertas lama dari ibu saya. Seingat saya uang-uang itu bergambar harimau dan gajah. 

Setelah itu saya mendapat lagi tiga lembar uang Republik Indonesia Serikat (RIS). Dalam bayangan saya, wah bakalan kaya raya nih punya beberapa lembar uang lama.

Setiap ibu beberes, ternyata dapat uang-uang lama, baik uang kertas maupun uang logam (koin). 

Ada yang tampak belum pernah dipakai, karena kertasnya kaku, bahkan dengan nomor seri urut. Ada yang masih bersih karena logamnya berkilau. Ada juga yang bertanda bekas lipatan atau dengan karat kecil.

Koleksi uang kertas dan koleksi koin (Dokpri)
Koleksi uang kertas dan koleksi koin (Dokpri)

Ikut lelang

Saya terus mencoba cari tahu tentang uang-uang lama tersebut. Pada 1986 atau 1987 (?) saya baca di koran ada pameran uang-uang lama di Erasmus Huis di kawasan Kuningan. 

Saya pun mampir ke sana. Di sana saya mendapat informasi bahwa setiap periodik ada kegiatan oleh Perhimpunan Penggemar Koleksi Mata Uang (PPKMU).

Dari kegiatan PPKMU itulah saya baru tahu bahwa tidak semua uang lama berharga mahal. Ketika itu PPKMU menyelenggarakan arisan mata uang setiap dua bulan. 

Dalam arisan dijual berbagai koleksi mata uang dengan sistem lelang. Saya sering ikut lelang dan mendapat koleksi dengan harga cukup murah. 

Seri Sudirman nominal Rp 1 hingga Rp 1.000, misalnya, saya dapatkan dengan harga Rp 6.000. Itu untuk kondisi bagus yang dalam numismatik dikenal sebagai Unc (Uncirculated).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan