Mohon tunggu...
Diyah
Diyah Mohon Tunggu... Penulis - Future Entrepreneur and Lecturer

Dream, Believe and Make it Happen

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Ikuti Tips Diet dan Semangat Berolahraga bersama Soyjoy

21 Agustus 2018   04:48 Diperbarui: 21 Agustus 2018   05:17 909
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Deskripsi: Transformasi diet happy, Sumber : Dokpri

Memiliki tubuh ideal merupakan idaman bagi semua insan yang ada dimanapun berada, khususnya bagi kaum hawa. Karena, memiliki tubuh ideal sangat menunjang penampilan mereka. Namun, ternyata memiliki tubuh ideal tidak hanya menunjang penampilan lebih indah. Akan tetapi, sangat dianjurkan bagi kesehatan.

Hal tersebut yang menjadikan motivasi saya untuk menurunkan berat badan. Satu tahun yang lalu di tahun 2017, saya benar-benar mengalami stress berat dalam urusan pekerjaan. Mungkin, bukan karena pekerjaannya yang lebih tepat, akan tetapi diri saya yang masih belum bisa mengontrol emosi dan olah pikir.

Walhasil, saya melampiaskan ketegangan otak dan hati dengan kalap pada makan. Hampir setiap hari mencicipi jajanan lemak dan gorengan. Sehingga, akibatnya tubuh saya mengalami kenaikan secara drastis. Awalnya, saya memiliki tubuh ideal 58 kg langsung naik 11 kg, dan tepat di tahun 2017 saya memiliki berat 69 kg.

Awalnya saya cuek-cuek saja, masa bodoh dengan penampilan. Bahkan, ketika senior saya menegur saya tentang penampilan saya. Saya ogah-ogahan dan semau gue bahasanya. Saya sebenarnya mengerti akan nasihat positif tersebut sangat bermanfaat bagi karir saya, karena saya bekerja di dunia customer develpment. Pekerjaan yang tidak hanya mengandalkan otak, akan tetapi penampilan sanga dibutuhkan untuk menunjang penampilan.

Tepat pada April 2017 saya bertemu dengan seseorang spesial yang benar-benar membuat hidup saya berubah 180 derajat. Saya mulai memperhatikan penampilan dan dengan sendirinya saya juga mulai memperhatikan akan investasi kesehatan saya. Saya sadar bahwa tubuh sehat diawali dengan gaya hidup sehat.

Deskripsi : Bahaya obesitas, Sumber : Kemkes.go.id
Deskripsi : Bahaya obesitas, Sumber : Kemkes.go.id
Pada akhirnya, saya mulai mencari-cari efek-efek negatif dari obesitas. Obesitas ini sendiri sebenarnya telah di bedakan menjadi tiga bagian, yaitu 
  • Obesitas ringan, kelebihan berat badan mencapai 20 persen hingga 40 persen.
  • Obesitas sedang, kelebihan berat badan mencapai 41 persen hingga 100 persen
  • Obesitas berat, kelebihan berat badan mencapai 100 persen

Bahkan saya mulai mencari-cari detail by detail apa sih bahaya yang ditimbulkan dari obesitas. Sangat mengerikan sekali melihat efek buruk dari obesitas, diantaranya :

Penyakit Jantung

Bahaya obesitas dapat memicu terjadinya serangan jantung, sebab lemak yang berlebih dapat menutupi pembuluh darah pada jantung sehingga menjadi tersumbat. Adapun gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit jantung antara lain :

  1. Mengalami sakit pada bagian dada yang seperti ditekan
  2. Sakitnya menjalar ke leher seperti tercekik dan ke lengan kiri
  3. Sakit pada bagian ulu hati
  4. Denyut nadi melemah
  5. Mengeluarkan keringat dalam waktu yang cepat dan jumlah yang banyak

Diabetes

Risiko yang bisa dialami oleh seorang yang menderita obesitas adalah penyakit diabetes tipe 2. Pada penderita obesitas, insulin yang dihasilkan oleh pankreas terganggu oleh komplikasi-komplikasi obesitas sehingga tidak dapat bekerja maksimal untuk membantu sel-sel menyerap glukosa. Karena kerja insulin menjadi tidak efektif, maka pankreas terus berusaha untuk menghasilkan insulin lebih banyak yang akibatnya kemampuan pankreas semakin berkurang untuk menghasilkan insulin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun