Mohon tunggu...
KKN Candirenggo 2019
KKN Candirenggo 2019 Mohon Tunggu... Universitas Negeri Malang

KKN Candirenggo

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sosialisasi Bahaya Candu Gadget bagi Anak Melalui PKK Kelurahan Candirenggo

28 Juni 2019   07:35 Diperbarui: 28 Juni 2019   07:43 0 1 1 Mohon Tunggu...
Sosialisasi Bahaya Candu Gadget bagi Anak Melalui PKK Kelurahan Candirenggo
Dokpri

Sekarang ini merupakan zaman dimana kemajuan teknologi sangat mempengaruhi kepribadian seseorang. Salah satu teknologi yang mudah menyebar yaitu gadget. Gadget adalah sebuah alat elektronik kecil dengan berbagai macam fungsi khusus (Osland,2013). 

Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat lainnya adalah unsur "kebaruan", artinya gadget selalu menyediakan teknologi terbaru setiap saat yang dapat membuat hidup manusia menjadi praktis. Hal itu membuat gadget dengan mudahnya dapat diterima di kalangan masyarakat khususnya generasi muda yang mudah terpengaruh oleh suatu hal yang menarik. 

Sekarang anak-anak kini menjadi konsumen aktif dimana banyak produk-produk gadget yang menjadikan anak-anak sebagai target pasar mereka. Dengan berbagai macam fitur yang baru menjadikan harga-harga gadget menjadi terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. 

Sadar atau tidak, anak-anak usia dini sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan dan dengan lingkungan tersebut akan membentuk perkembangan anak kedepannya. Oleh karena itu perlu diadakan sosialisasi mengenai bahaya gadget pada anak-anak. 

Pada tanggal 23 Juni 2019, mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Candirenggo mengadakan sebuah sosialisasi mengenai bahaya candu gadget bagi anak-anak. 

Sosialisasi tersebut dilaksanakan melalui kegiatan ibu-ibu PKK di Kelurahan Candirenggo (usai kegiatan yasinan). Sosialisasi tersebut diadakan di rumah Ibu Kasemi salah satu warga Candirenggo yang berada di RT 06 RW 09. 

Dalam sosialisai tersebut para anggota KKN UM (Afif dan Farid)  menjelaskan mengenai bahaya candu gadget mulai dari faktor pendorong, dampak dalam aspek sosial dan kesehatan serta solusi dalam menghadapi candu gadget pada anak-anak di Kelurahan Candirenggo. Sosialisasi ini dilatarbelakangi oleh keluhan warga sekitar terutama para orangtua yang anak-anaknya banyak kecanduan gadget.

Karena gadged sangat cepat membawa dampak baik maupun dampak buruk,salah satu dampak yang sangat marak dan sangat menonjol dalam kehidupan anak zaman sekarang yaitu mulai hilangnya intraksi sosial serta tingkat kemalasan yang sangat tinggi sehingga mereka kurang memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri mereka sendiri.tidak hanya itu karena kecanduan gadjet bisa membuat anak menjadi malas sekolah sehingga mereka hanya memikirkan gadjet dan game dan tidak memiliki kefokusan dalam menerima pelajaran. 

Dalam sosialisasi yang dilaksanakan KKN UM Candirenggo ini antusias dari para ibu-ibu PKK sangat tingggi mereka mengikuti acara sosialisasi ini mulai dari awal sampai akhir acara. 

Selain itu bebrapa pertanyaan diajukan oleh angota PKK mengenai bagaimana mengatasi anak-anak yang sudah kecanduan gadget. Solusi yang diberikan adalah dengan pendekatan komunikasi tanpa kekerasan kepada anak, mengajak kegiatan bersama dan diluar rumah, penanaman nilai agama, menjalankan hidup pola sehat dan menerapkan peraturan pemakaian gadget yang adil.

dokpri
dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2