Mohon tunggu...
Diva AzzahraSalsabila
Diva AzzahraSalsabila Mohon Tunggu... Mahasiswi

Yuk membaca!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Area Borca dan Area Wericke

1 Maret 2021   23:50 Diperbarui: 1 Maret 2021   23:52 31 0 0 Mohon Tunggu...

Kali ini saya akan membahas tentang Area Borca dan Area Wericke. Ada yang tau gak sih apa yang dimaksud Area Borca dan Area Wericke ?. oke saya akan bahas Area Borca dulu yaaa.

1.Area Borca

Area Borca itu termasuk bagian otak manusia. Setiap manusia pasti memiliki Area Borca ini di dalam otak. Area Broca lebih dominan terletak di belahan otak kiri. Area ini adalah area motorik yang memiliki fungsi dalam proses bahasa dan berbicara. Area ini digambarkan sebagai daerah Brodman 44 dan 45. Area Broca ini memiliki fungsi sebahai ekpresi bahasa. Terkhusus dalam hal memproduksi kata -- kata, produksi ucapan, dan mengkontrol gerakan wajah dan juga mulut untuk mengartikulasikan kata- kata dengan baik dan benar.

2.Area Wernicke

Area Wernick ini merupakan suatu area yang penting untuk perkembangan bahasa. Area ini terletak di dalam otak tepatnya ada di bagian sebelah kiri. Area Wernicke ini sangatlah memiliki hubungan dan berkaitan dengan Area Broca seperti yang sudah saya jelaskan di point pertama. Area Wernicke ini lebih terfokus berperan dalam suatu perkataan. Apabila terjadi suatu kerusakan pada Area Wernicke bisa menyebabkan masalah medis yaitu Afasia Wernicke. Nah, Afasia Wernicke ini juga menimbulakan beberapa gejala, seperti :

a.Berbicara yang tidak masuk akal.

b.Menyebutkan kata yang tidak memiliki arti.

c.Menyela pembicaraan saat berbicara dengan orang lain

Selain gejala -- gejala tersebut, orang yang memiliki masalah medis afasia Wernicke juga cenderung memiliki ciri -- ciri seperti berikut ini:

a.Sulitnya membaca dan menulis.

b.Sulitnya memahami saat berbicara dengan orang lain

c.Lebih mudah memahami materi secra visual dibandingkan dengan lisan maupun tulisan.

VIDEO PILIHAN