Mohon tunggu...
diva aliefia rosyana putri
diva aliefia rosyana putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pengalaman Berorganisasi

5 November 2022   00:15 Diperbarui: 6 November 2022   06:30 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Hello readers, sekarang saya akan membagikan pengalaman berorganisasi saya di SMA Tahfidz Al Amien Prenduan. Saat saya kelas 2 SMA, saya mengikuti organisasi yang Bernama RITMA (Rabithotut Tholabah bi Ma'hadi Tahfidzil Quran).

Alasan saya mengikuti oraganisasi RITMA ini adalah sebagai bentuk pengabdian saya terhadap pondok al amien dan sebagai latihan untuk saya saat terjun kepada masyarkat.

Dalam organisasi RITMA terdapat beberapa bagian seperti, bagian peribadatan, bagian pengajaran, bagian keamanan, bagian kesejahteraan anggota, bagian Bahasa, bagian ilmu dan keterampilan, dan masik banyak lagi. Dan dalam organisasi ini saya menjabat sebagai anggota bagian pengajaran dengan sruktur ketua bagian pengajaran, wakil bagian pengajaran, sekretaris bagian pengajaran, bendahara bagian pengajaran, dan 4 anggota bagian pengajaran lainya.

Tugas saya sebagai bagian pengajaran adalah mengatur para santri untuk masuk sekolah tepat waktu, dan mengecek atribut lengkap serta perlengkapan saat bersekolah. Bagian pengajaran juga berperan penting saat ujian sekolah, untuk mengatur lancarnya ketenangan saat ujian berlangsung.

Tidak mudah bagi saya mengikuti organisasi ini, karena selain organisasi RITMA ini adalah organisasi pertama saya, dalam organisasi ini saya juga dituntut untuk menjadi seorang pemimpin. Kesulitan lainya yang saya alami saat menjalani organisasi ini yaitu dalam mengatur waktu, karena saya harus bisa membagi waktu belajar saya dan tugas saya dalam organisasi yaitu, mengatur kegiatan belajar mengajar agar tetap tenang dan lancar.

Tetapi, seiring berjalannya waktu. Alhamdulillah saya sudah bisa mengatur antara kewajiban saya belajar saat disekolah dan tugas saya di organisasi RITMA ini.

Adapun persiapan sebelum saya mengikuti organisasi ini, yaitu persiapan mental. Karena disini saya harus siap menghadapi siswa yang bandel dan kurang mau menaati peraturan.

Dari pengalaman berorganisasi ini, saya bisa menjadi pribadi yang lebih baik, mulai dari kepemimpinan, disiplin waktu, hingga disiplin aturan-aturan lainnya. Dan dapat memahami karakteristik dari masing-masing individu setiap orang.

Sekian pengalaman yang dapat saya bagikan,

Thanks you for participation

Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun