Mohon tunggu...
Analisis

Perkembangan Telekomunikasi dan Privatisasi di Indonesia

15 Oktober 2018   00:41 Diperbarui: 15 Oktober 2018   00:46 0 0 0 Mohon Tunggu...

Perkembangan Teknologi sudah tidak asing lagi didengar, perkembangan yang begitu cepat membuat banyaknya teknologi-teknologi canggih yang bermunculan. Beberapa teknologi yang saat ini menarik minat masyarakat adalah handphone, untuk bisa menggunakan handphone ke jaringan internet pasti membutuhkan alat yang bernama satelit untuk bisa menghubungkan dari satu individu ke individu lain maupun antarnegara. 

Dengan munculnya kecanggihan teknologi dibidang telekomunikasi ini membuat individu mampu bertatap wajah dengan individu atau bisa yang disebut dengan video call. Tentu teknologi ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat diseluruh dunia, karena selain memudahkan setiap individu juga menambah wawasan mengenai pengetahuan dan juga tentang negara lain.

Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi dari satu tempat ketempat lain. Dalam kaitannya dengan telekomunikasi bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas tiga yaitu:

  • Komunikasi satu arah (simplex) dalam komunikasi satu arah pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: Pager, televisi, radio
  • Komunikasi dua arah (duplex) dalam komunikasi dua arah pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: Telepon
  • Komunikasi semi dua arah (hal duplex) dalam komunikasi semi dua arah pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh: handy talkie, fax, chat room

Telekomunikasi adalah salah satu kunci infrasturuktur untuk memperluas tantangan nasional. Karena dengan telekomunikasi ini memudahkan untuk mendaptkan informasi secara cepat sehingga bisa memenangkan strategi dalam bisnis. 

Namun dari kasus yang sebelumnya terjadi bahwa salah satu perusahaan telekomunikasi yaitu PT. INDOSAT berubah kepemilikan yang semula milik indonesia menjadi milik privat oleh negara lain. Dimana pada saat itu presiden indonesia mengatakan bahwa faktor penyebab dijualnya PT. INDOSAT karena munculnya krisis pada tahun 1998. Nyatanya Indonesia ingin merebut kembali perusahan tersebut, namun karena harga jual yang tinggi Indonesia tidak mampu meraih perusahan tersebut kembali.

Privatisasi adalah pengalihan kepemilikan, dari milik umum menjadi milik pribadi, banyak perusahaan indonesia yang sudah terprivatisasi salah satunya ialah PT. Waskita Karya Tbk (WIKA) masuk bursa 29 oktober 2007. Banyaknya kepemilikan umum menjadi milik pribadi memilik dampak positif dan negatif. 

Dampak positifnya ialah meningkatnya tingkat profesionalitas kinerja dari sebuah perusahaan, meningkatkan rating perusahaan, mengurangi defisit APBN, meningkatkan kepercayaan dari masyarakat. Dampak negatifnya ialah pendapatan negara menurun karena sebagian saham sudah milik pribadi, reputasi negara dan pemimpin juga menurun, dan negara akan mengalami kemunduran.

Pada kesimpulan, perkembangan teknologi sangat menarik untuk dibahas terutama dengan perkembangan teknologi yang mampu menerobos inovasi-inovasi baru. Perkembangan teknologi memiliki dampak yang begitu besar bagi setiap negara, dampak tersebut.

Sebagian memiliki dampak yang postif yaitu menambah wawasan dan juga termotivasinya suatu negara untuk menciptakan teknologi yang baru. dampak negatifnya ialah semankin banyaknya terknologi yang mampu menggantikan posisi manusia sehingga semankin berkurangnya tenaga manusia yang dibutuhkan. 

Tentu hal ini mempengaruhi pendapatan negara yang semankin perlahan dikuasai oleh teknologi. Namun hal ini tidak terlepas dari pengaruh kepemilikan perusahaan pribadi yang semankin meningkat Dimana setiap pengusaha berusaha untuk membeli saham dari BUMN. terkait dengan infrastruktur tentu membantu pembangunan sebuah negara, melalui pajak disetiap perusahaan yang dibayar setiap tahun. Dana yang didapatkan bisa membantu keberlangsungan pembagunan infrastruktur seperti jalan tol dll sehingga menimbulkan sikap pro dan kontra terhadap privatisasi.

 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x