Mohon tunggu...
Dani Iskandar
Dani Iskandar Mohon Tunggu... Menulis itu berbagi pengalaman dan menginspirasi http://menulismenulislah.blogspot.co.id

Menulis itu berbagi pengalaman dan menginspirasi http://menulismenulislah.blogspot.co.id

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

10 Bali Baru yang Menjadi PR Besar Wishnutama

25 Oktober 2019   05:24 Diperbarui: 25 Oktober 2019   09:44 0 0 0 Mohon Tunggu...

Ketika sosok muda ini melangkah memasuki halaman Istana Negara, banyak yang terperanjat, wow keren nih pria kreatif ini masuk dalam kabinet Jokowi. Siapa tak kenal Wishnutama. Hasil sentuhannya bersama Erick Thohir memukau banyak orang di perhelatan Asian Games 2018.

Belum lagi tayangan-tayangan unik dan menariknya di televisi Net TV. Suguhannya enerjik, muda, milenial dan berbeda dari kebanyakan tv swasta lainnya. Kini sosok enerjik itu diberi tanggung jawab oleh Presiden terpilih, Jokowi, untuk membenahi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Meskipun Wishnutama harus menjabat di sebuah kementerian yang mengurusi pariwisata dan ekonomi kreatif, pastinya beliau tak sulit untuk beradaptasi dengan industri yang berbeda dengan yang selama ini digelutinya.

Kini, ia harus berhadapan dengan birokrasi, kebijakan dan kemajuan industri pariwisata. Pastinya dalam mengelola pertelevisian, masalah birokrasi dan perizinan adalah hal biasa yang dihadapinya. Diharapkan kondisi perizinan di industri pariwisata dan ekonomi kreatif ini lebih mendorong terciptanya investasi di negeri ini.

10 Bali Baru
Bali yang disebut Pulau Dewata ini adalah ikon pariwisata Indonesia karena fakta yang tidak terbantahkan sekitar 40 persen wisatawan mancanegara masuk Indonesia melalui gerbang pintu Pulau Dewata. 

Bercermin pada kemajuan pariwisata Bali dan memberikan sumbangan besar pada PDRB Bali, maka pemerintah memiliki ide untuk "mengkloning" kondisi pariwisata Bali pada destinasi wisata lainnya di Indonesia.

Diharapkan wisatawan mancanegara bisa lebih berminat berkunjung ke Indonesia. Dunia tidak lagi hanya mengenal Bali di Indonesia. Indonesia nantinya akan dikenal dengan "Bali Baru" nya.

Penetapan 10 destinasi prioritas ini merupakan amanat Presiden, melalui surat Sekretariat Kabinet Nomor B 652/Seskab/Maritim/2015 tanggal 6 November 2015 perihal Arahan Presiden Republik Indonesia mengenai Pariwisata dan Arahan Presiden pada Sidang Kabinet Awal Tahun pada tanggal 4 Januari 2016. 

Menteri Pariwisata pada Kabinet Indonesia Bersatu saat itu, Arief Yahya, mengistilahkan 10 destinasi wisata yang menjadi prioritas pemerintah sebagai "10 Bali Baru".

Istilah "10 Bali Baru" itu merupakan makna kiasan dan lebih untuk memberi tekanan agar "performance" masing-masing daerah itu bisa menyamai Bali yang setahun bisa mendatangkan empat juta wisatawan mancanegara. 

Meskipun demikian 10 destinasi pariwisata itu tidak akan dibuat mirip seperti Bali karena masing-masing daerah tersebut memiliki karakteristik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x