Mohon tunggu...
dirga kaeng
dirga kaeng Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

hobi saya mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Menggunakan Metode STAR, Terkait Mengatasi Masalah Siswa dalam Belajar

10 Desember 2022   09:24 Diperbarui: 10 Desember 2022   09:35 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SDN INPRES 5/81 KARONDORAN

Lingkup Pendidikan


Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan minat belajar siswa

Penulis

Dirga A. Kaeng, S.Pd

Tanggal

8 Desember 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang masalah dari paktik pembelajaran ini adalah:

  • Saat guru menjelaskan materi pembelajaran banyak siswa yang tidak bersemangat dalam mengikutinya.
  • Siswa kesulitan mengerjakan soal-soal yang diberikan setelah selesai pembelajaran

  • Dari kedua poin diatas dapat diambil kesimpulan bahwa, pertama selama ini siswa terlihat tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan siswa kesulitan ketika mengerjakan soal yang diberikan guru. Kedua pada saat proses pembelajaran, guru sering kali menemui siswanya yang mengantuk, asik bermain sendiri dan tidak memperdulikan guru ketika menerangkan. Ketiga selain dari guru, pada sisi siswa juga seringkali mengalami kesulitan untuk memahami materi yang sedang diterangkan oleh guru karena guru selalu monoton saat mengajar dan sering menggunaan Metode Pembelajaran yang kurang tepat.

Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena saya kira banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inpirasi bagi rekan guru lain.

Saya yang berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, dengan menggunakan metode, media, dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa  bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu Meningkatkan minat belajar siswa pada  pembelajaran tematik antara lain :

  • Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk mengilustrasikan materi pelajaran yang bersifat abstrak
  • Metode - metode pembelajaran yang digunakan oleh guru bersifat membosankan dan kurang variatif
  • Model pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak inovatif
  • Motivasi belajar siswa rendah

Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi oleh guru adalah

  • Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi siswa.
  • pemilihan metode pembelajaran yang variatif sehingga siswa merasa tertarik dan antuasias dalam mengikuti pembelajaran.
  • pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesui dengan karakteristik materi pelajaran dan karakteristik siswa.
  • Guru harus bisa menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui proses pembelajaran yang menyenangkan.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkan_langkah yang harus di lakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain:

  • Pemilihan Media Pembelajaran
  • Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan media pembelajaran adalah dengan memilih media pembelajaran yang dirasa tepat dan sesuai dengan materi pelajaran juga sesuai karakteristik siswa, selain itu guru juga bisa memilih media pembelajaran yang dikuasainya baik dalam pembuatan dan juga pengoprasian.
  • Disini guru memilih media pembelajaran berbasis AR menggunakan  PPT
  • Proses pembuatan media ini dimulai dari mempelajari materi yang akan dibuat medianya, kemudian guru merancang desain menu-menu apa saja yang perlu ada di media pembelajaran setelah rancangan di PPT
  • Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran ini antara lain pengetahuan guru dalam menjalankan PPT, didalam komputet/laptop dan jaringan internet.
  • Pemilihan Metode Pembelajaran yang variatif
  • Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan metode pembelajaran adalah dengan memahami karakteristirk siswa dan karakteristik materi
  • Disini guru memilih metode pembelajaran yang akan digunakan adalah Ceramah, Penugasan, Tanya-Jawab dan Diskusi
  • Proses pemilihan metode ini pertama guru mempelajari apa saja metode-metode dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat di buku Tema guru dan buku tema siswa.
  • Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan metode-metode pembelajaran dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.
  • Pemilihan Model Pembelajaran
  • Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik siswa dan karakteristik materi
  • Disini guru memilih model pembelajaran PJBL.
  • Proses pemilihan model ini pertama guru   mempelajari apa saja model-model dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat di buku Tema guru dan buku tema siswa
  • Meningkatkan Motivasi siswa
  • Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi siswa adalah dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa
  • Disini guru mengembangkan RPP dengan kegiatan yang berpusat pada siswa
  • Proses pengembangan RPP yang berpusat pada siswa guru menentukan kegiatan kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pembelajaran yang kegiatan kegitan itu berpusat pada siswa dan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.
  • Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan pembuatan RPP dan juga kreatifitas merancang kegiatan-kegiatan yang membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari

  • Penggunaam Media PPT ini sangat membantu pemahaman siswa akan konsep yang abstrak tentang materi yang sedang di ajarkan dibuktikan dengan hasil evaluasi pembelajaran siswa di atas KKM
  • Pemilihan Metode yang variatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa terlihat dari kegiatan siswa saat pembelajaran
  • Pemilihan  Model pembelajaran PJBL menumbuhkan berfikir kritis siswa terlihat dari tanggapan dan jawaban yang di lontarkan guru saat pembelajaran
  • Desain kegiatan yang berpusat pada siswa sangat meningkatkan keaktifan siswa saat proses pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar

Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, bisa di lihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran siswa memberikan refleksi bahwa pembelajaran sangat menyenangkan dan media pembelajarannya menarik juga mudah dipahami.

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksaanaan pembelajaran yang sudah dibuat.

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru dilakukan adalah seyogyanya guru lebih kretaif dan inovatif dalam memilih metode, model dan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun