Mohon tunggu...
dira septia
dira septia Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - mahasiswa

hobi menanam bunga, memasak, dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Musim Mangga dan Puding Mangga Vla Creamy

2 November 2022   19:38 Diperbarui: 2 November 2022   19:49 286
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Musim Mangga di Daerah Kediri-Jawa Timur

Bulan ini saya memperhatikan pohon-pohon di sekitar rumah saya, lalu mataku tidak sengaja melihat ada beberapa pohon yang ada buahnya ternyata itu buah mangga guys. 

Lalu aku mengingat bahwa bulan-bulan ini merupakan musim mangga di daerahku. Musim dimana pohon mangga akan berbunga banyak dan akan berbuah lebat secara bersamaan di setiap halaman rumah dan kebun-kebun yang ada  di daerahku. Sehingga saat musim mangga satu tangkai pohon mangga saja terdapat banyak sekali buah mangga.

Musim mangga merupakan musim dimana mangga-mangga dalam sebuah daerah sudah siap dipanen dalam satu tahun sekali, biasanya musim mangga ini akan ada akhir hingga awal tahun. Namun, buah mangga ini bisa ditemui di pasar setiap tahunnya loh.

Menurut Ademola et al, 2013 pengertian mangga merupakan nama sejenis buah yang mempunyai banyak sekali vitamin dan mineral yang terdapat di Indonesia . selain itu menurut pendapat Anonim, 2012 a Mangga (Mangifera indica L.) merupakan salah satu jenis buah-buahan yang berkeping dua (dikotilen), dengan batang lurus, besar dan kuat serta akar-akar yang jauh masuk kedalam tanah.

Ada banyak sekali jenis-jenis buah mangga yang saya temui di daerahku. Di daerahku ada buah mangga yang Namanya manalagi, yaitu buah mangga walaupun dia masih setengah matang dia akan lebih enak dinikmati. Rasa yang dihasilkan dari buah mangga jenis manalagi ini gurih dan manis tentunya. 

Lalu ada buah mangga jenis podang bisa dinikmati kalau sudah matang dan warnanya itu ada yang hijau, orange yang ada semburat merahnya rasanya tetap asam tapi enak dan menyegarkan. 

Mangga golek adalah salah satu jenis mangga yang walaupun dia sudah matang warnanya tetap hijau memiliki rasa manis. Mangga sengir merupakan mangga yang berbeda sendiri, dia lebih enak dinikmati dalam bentuk minuman seperti es lilin dan jus mangga.

Kandungan satu porsi buah mangga terdapat sekitar 15 gram karbonhidrat atau sekitar 60  kalori. Jika kita mengkomsumsi buah mangga secara berlebihan maka akan menyebabkan kenaikan berat badan, namun masih dalam batas normal.

Manfaat buah mangga sendiri adalah penghasil vitamin A dan C, mengkomsumsi buah mangga dengan porsi yang tepat bisa melancarkan pencernaan. 

Selain itu, karena mengandung vitamin C buah mangga bisa meningkatkan imun tubuh, apabila dikomsumsi secara tepat buah mangga juga bisa menjaga kesehatan jantung. Namun, apabila kalian mengkomsumsinya secara berlebihan bisa mengakibatkan sakit perut dan diare.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun