Mohon tunggu...
Diyo Suroso
Diyo Suroso Mohon Tunggu... Pengantin Baru

Nama saya Diyo Suroso, bisa dipanggil Diyo.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Kabar Gembira! Jokowi Gratiskan Listrikmu Selama 3 Bulan

31 Maret 2020   20:12 Diperbarui: 31 Maret 2020   20:21 40 0 0 Mohon Tunggu...

Apakah kamu merasa bahwa sejak tidak bekerja di kantor dan harus menyelesaikan pekerjaan dari rumah atau Work From Home (WFH), tagihan listrikmu bertambah?

Jika benar, kabar ini pasti akan membuatmu jungkir balik karena senang tak terhingga. Pasalnya, guna menyikapi pandemi corona, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan gratiskan biaya listrikmu selama 3 bulan kedepan.

Pernyataan itu langsung disampaikan oleh Presiden Jokowi saat konferensi pers bersama awak media melalui siaran telekonferance, di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/3). Tak tanggung-tanggung, Presiden Jokowi akan membebaskan tagihan listrik bagi pengguna Perusahaan Listrik Negara atau PLN sebanyak 24 juta pelanggan.

Pembebasan tagihan listrik selama 3 bulan terhitung sejak April, Mei dan Juni ini dikhususkan bagi pelanggan PLN dengan daya 450 Volt Ampere (VA). Tidak hanya itu, untuk 7 juta pelanggan listrik dengan daya 900 Volt Ampere akan diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen. Pun, kebijakan ini berlaku selama 3 bulan ke depan.

Dilansir dari merdeka.com, Presiden Jokowi berkata, "pembebasan biaya listrik 3 bulan untuk 24 juta pelanggan listrik 450VA, pelanggan 900 VA, jumlahnya sekitar 7 juta pelanggan akan didiskon 50 persen untuk bulan April, Mei, dan Juni."

Tahukah kamu bahwa tindakan pemerintah Indonesia untuk membebaskan biaya listrik ternyata juga akan dilakukan oleh negeri tetangga yaitu Malaysia. Melalui Perdana Menterinya, Muhyiddin Yassin, Malaysia sudah menyiapkan dana 350 juta ringgit untuk memberikan potongan biaya tagihan pembayaran listrik sebesar 15 dan 50 persen kepada semua rakyat Malaysia dengan maksimal penggunaan 600 kilowatt per bulan.

Tak hanya itu, Muhyiddin Yassin juga menjelaskan bahwa Malaysia akan memberikan layanan internet gratis kepada seluruh warga Malaysia mulai 1 April, diketahui program ini bernama Paket Stimulus Ekonomi Prihatin Rakyat.

Nah, jadi kamu tak perlu risau lagi memikirkan tagihan listrik meski harus #dirumahaja dan work from home. Karena listrikmu akan digratiskan oleh pemerintah. Apalagi, jika kamu mempunyai rekan yang saat ini berada di Negeri Jiran, Malaysia, mungkin kamu bisa lebih banyak mengobrol via video call karena mereka pun terbebas dari biaya internet dan listrik.

Referensi: merdeka.com

VIDEO PILIHAN