Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta
Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Pekerja Sosial

Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta adalah salah satu SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang bertanggungjawab langsung kepada Gubernur DKI Jakarta. Ruang lingkup kinerja dinsos adalah penanganan permasalah sosial seperti kemiskinana, bencana, PMKS dan lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Jakarta

Rijal, Balita Kurang Gizi Kini Semakin Baik

14 November 2017   13:02 Diperbarui: 14 November 2017   13:07 318 0 0
Rijal, Balita Kurang Gizi Kini Semakin Baik
dok pribadi

Bayi di bawah lima tahun telantar bernama Rizal (2) yang sebelumnya ditemukan warga karena mengalami kekurangan gizi kini kondisinya semakin baik.

Balita itu ditemukan di kawasan Jalan Sawo, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Warga melaporkan adanya balita tersebut kepada Petugas Satuan Pelaksana Sosial Kecamatan Kebayoran Baru untuk segera dirujuk ke rumah sakit.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Mursidin mengemukakan, balita itu masih harus melalui proses penyembuhan dan pemulihan dari kekurangan gizi yang dialaminya.

dok pribadi
dok pribadi

"Agar Rizal mendapatkan pelayanan yang lebih baik, para tim Dokter RSUD Pasar Minggu merujuk Rizal ke Rumah Sakit Umum Pusat Cipto Mangunkusumo," kata Mursidin saat dihubungi pada Selasa (14/11).

dok pribadi
dok pribadi

Ia melanjutkan, sebelumnya Rizal itu sempat dibawa ke Rumah Sakit Fatmawati oleh petugas RPTRA Taman Sawo namun ditolak karena tidak memiliki keluarga dan BPJS.

dok pribadi
dok pribadi

Kemudian warga melapor kepada petugas dari Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan bahwa ada balita telantar. Petugas pun segera merespon dengan merujuknya ke rumah sakit lain.

Akhirnya RSUD Pasar Minggu menerima balita tersebut dengan memakai Kartu Keluarga panti sosial milik Dinas Sosial DKI Jakarta sebagai warga binaan panti. Lalu balita itu akan mendapat Nomor Induk Kependudukan (NIK) orang telantar dan segera mendapat keanggotaan BPJS.

Berdasarkan penelusuran asal-asal balita itu, katanya, sejak berusia 3 bulan Rizal ditinggal orang tuanya. Sampai saat ini tidak diketahui orang tua kandung dari balita tersebut.

"Alhamdulillah kondisi rizal saat ini sudah lebih baik. Dia sudah bisa duduk di tempat tidur sambil memegang balon dan beberapa mainan di sampingnya. Dia juga terlihat ceria dan asik bercanda bersama perawat-perawat di rumah sakit," ungkap Mursidin.

Berat badan Rizal pun sudah bertambah. Awalnya saat datang ke rumah sakit hanya 6 kg kini berat badanya sudah mencapai  7,1 kg. Rizal sudah bisa memegang botol susu sendiri, tidak lewat selang NGT.

Kini Rizal telah berada di RSCM untuk mendapatkan perawatan medis yang lebih baik lagi.

"Kita doakan semoga Rizal lekas pulih dan selalu ceria dalam menjalani rangkaian-rangkaian pengobatan. Sehingga ia dapat tumbuh selayaknya balita normal pada umumnya," ujar Mursidin.