Mohon tunggu...
Dinda Chayani
Dinda Chayani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobby mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pergaulan Bebas Pada Remaja Saat Ini

7 Desember 2022   13:31 Diperbarui: 7 Desember 2022   15:48 532
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pergaulan bebas yang banyak terjadi dikalangan remaja ternyata berasal dari ekploitasi seksual pada media yang ada dilingkungan kita, Benarkah? Yuk, simak sama-sama penjelasannya!

 

Sebagai remaja, apakah kamu pernah berpikir bahwa pergaulan dilingkungan sekitar kita terkadang memaksamu untuk mengikutinya? Apa sih pengaruh pergaulan bebas pada remaja?

Kita sering mendengar ungkapan "masa iremaja adalah masa abu-abu, labil, dan emosional". Nah, Remaja didefinisikan sebagai masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. 

Pergaulan juga merupakan salah satu HAM (Hak Asasi Manusia) yang perlu dibebaskan, sehingga setiap manusia tidak boleh dibatasi dalam pergaulan, apalagi melakukan diskriminasi (pembedaan hak bagi manusia didasarkan perbedaan agama, ras, suku, dll). 

Pergaulan bebas sering dikonotasikan sebagai hal yang negatif seperti narkoba, seks bebas, dan perilaku negatif yang melanggar norma dan agama. 

Menurut penelitian yang dilakukan dinegara bagian North Carolina, Amerika Serikat menemukan bahwa keterkaitan antara suguhan seks melalui media dengan perilaku seks di kalangan remaja. Tayangan tersebut tidak hanya berupa film yang tayang di televisi saja loh! Tetapi juga bisa melalui majalah, musik, dan pertunjukan.

Hasil penelitian tersebut, para remaja sudah sangat terlanjur mendapat informasi yang salah dari media, cenderung melakukan seks bebas karena menurut mereka hal tersebut sudah dianggap hal yang biasa dikalangan remaja. 

Indonesia berada dalam kondisi mengkhawatirkan. Apa yang mengkhawatirkan? Pergaulan bebas di Indonesia sering terjadi dikota-kota besar seperti JABODETABEK, dari data BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) 2010, remaja yang telah hilang keperawanannya mencapai 51%, sedangkan di kota lain seperti, Surabaya 54%, Medan 52%, Bandung 47%, dan Yogyakarta 42%.

Siapa sih yang tidak tahu apa itu penyakit HIV/AIDS? Nah, penyakit itu disebebkan karna pergaulan bebas yang memicu perilaku seks bebas.

Banyak penyebab remaja melakukan pergaulan bebas, khususnya kalangan pelajar. Penyebab tiap remaja mungkin berbeda-beda, penyebab yang utama yakni kurangnya pegangan hidup remaja dalam hal keyakinan agama dan ketidakstabilan tingkat emosional. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun