Mohon tunggu...
Dina Finiel Habeahan
Dina Finiel Habeahan Mohon Tunggu... be do the best

BE A BROTHER FOR ALL

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Komunitas dan Karya Baru OSF di Keuskupan Pangkal Pinang

7 Maret 2021   20:27 Diperbarui: 7 Maret 2021   22:04 132 32 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Komunitas dan Karya Baru OSF di Keuskupan Pangkal Pinang
Para suster bersama Bapak Uskup Pangkal Pinang / dokpri

Pada tanggal 20 Februari kongregasi OSF mengutus dua saudari untuk memulai misi yang baru di Keuskupan Pangkal Pinang. Dan hari ini tepat pada Pkl.17.00 Wib menjadi hari yang bersejarah bagi kongregasi OSF, dimana hari ini dalam perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Mgr. Sunarko.OFM dilaksanakan penyambutan secara resmi kepada persaudaraan OSF itu tandanya bahwa OSF akan memulai karya yang baru di tempat ini.

Dalam homilinya Mgr Sunarko mengingatkan kembali visi persaudaraan OSF yakni " Mengabdi Allah dalam diri sesama yang menderita". Adalah omong kosong kita berbicara tentang cinta kasih Allah namun kita menolak sesama. Saat ini tentu saja kita tak menemukan wujud Allah yang kita harapkan sebagai yang Kuasa atau Maha besar melainkan kita akan menjumpai dan menemukan Allah dalam diri sesama yang berada bersama kita. 

Oleh karena itu kita bersyukur bahwa Tuhan Allah mengutus para pekerjanya untuk melayani kita di keuskupan ini,mari kita bantu,kita dukung mereka dalam melaksanakan tugas perutusan mereka,agar kita sama-sama merasakan berkat Allah. Demikian Bapak Uskup memberikan motivasi dan semangat melalui homilinya kepada para suster.

Tangkapan layar komsos keuskupan pangkal pinang (Mgr Sunarko)
Tangkapan layar komsos keuskupan pangkal pinang (Mgr Sunarko)

Bukan hanya sampai disitu saja,Bapak Uskup juga menjabarkan karya yang akan dimulai oleh para suster OSF di keuskupan itu. Untuk tahap awal ini para suster akan berkarya di bagian pendidikan( TK dan SD) dan akan ikut ambil bagian dalam karya pastoral. Yang lebih menarik lagi bahwa umat sangat antusias menyambut kedatangan para suster di tempat itu. Hal ini terlihat jelas bahwa segala sesuatu yang mendukung keberlangsungan hidup OSF di pangkal pinang sudah terlihat jelas. 

Memang untuk saat ini para suster tinggal di pastoran dan para pastornya rela minggat ketempat yang lain asalkan para suster merasakan nyaman ditempat itu. Sementara pembangunan rumah untuk susteran sedang berlangsung hingga saat ini. Rumah susteran yang sedang dibangun berada di komplek sekolah yang akan dikelola oleh para suster OSF.

Nah,semangat pelayanan para suster tentu saja tidak lepas dari spirit yang dihidupi oleh persaudaraan dan semangat para pendiri. Mengangkat martabat orang kecil itulah yang menjadi tujuan utama dalam memulai karya yang baru. Semangat cinta kasih menjadi bahan bakar utama untuk melayani sesama. Menjalin relasi,merajut kembali benang-benang yang telah kusut. Hal ini akan diwujudkan melalui aktivitas sehari-hari yakni belajar bersama anak-anak disekolah,terlibat dalam kegiatan sosial ( karya pastoral) inilah yang menjadi lahan pelayanan para suster.

Para suster yang diutus bukanlah orang yang hebat-hebat yang tau banyak hal. Akan tetapi mereka diberangkatkan dengan keyakinan bahwa Tuhan sendiri akan turut ambil bagian dalam karya pewartaan mereka. Mereka adalah manusia biasa yang tidak sempurna. Selamat berkarya para saudari semoga karya-karya kita yang baru menjadi sarana dalam menyalurkan berkat Allah.

Tangkapan layar komsos keuskupan Pangkal Pinang (Sr Agnes dan Sr Martina )
Tangkapan layar komsos keuskupan Pangkal Pinang (Sr Agnes dan Sr Martina )

Upss,hampir lupa. Bagi anda yang ingin mengunjungi Biara OSF yang baru,barangkali anda berada di pangkal pinang  silahkan datang ke alamat ini Jl.Air Kuang,Puput.Kecamatan Parittiga Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Disana anda akan bertemu dengan Sr.Agnes Simanullang,OSF dan Sr.Martina Mendrofa,OSF.

Salam hangat dan selamat berkarya

VIDEO PILIHAN