Mohon tunggu...
Dina Ardiah
Dina Ardiah Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Negeri Malang- Pendidikan Luar Sekolah

Be your self

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Fakta dan Problematika Kelembagaan Pendidikan Non-Formal di Masyarakat

29 Oktober 2020   21:52 Diperbarui: 29 Oktober 2020   21:59 26 0 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan Non Formal atau Pendidikan Luar Sekolah adalah jalur pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Pendidikan non formal berfungsi sebagai pengganti, penambah dan pelengkap dari pendidikan formal.Dalam pendidika non formal ini kita dapat mempelajari problematika pendidikan, pemberdayaan masyarakat, manajemen pelatihan, serta bidang lainnya yang mencakup bidang pekerjaan sosial.

Program- program dalam pendidikan non formal diantaranya,
1.PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Mengajar) di dalam PKBM ini terdapat program kesetaraan fungsional yaitu program kejar paket A, B, dan C, program keaksaraan, dan program kecakapan hidup ( life skills)
2.PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini
3.Kelompok Belajar Usaha (KBU)
4.Taman Bacaan Masyarakat (TBM)
5.Day Care/ tempat penitipan anak
6.TPQ / taman pendidikan qur'an
7.Sanggat tari, lukis, menyanyi dsb
8.Bimbel/ kursus

Dengan banyaknya lembaga atau program yang ada dalam pendidikan non formal, maka dibutuhkan cara mengelola atau manajemen lembaga tersebut dengan baik dan benar. 

Pengelolaan kelembagaan itu adalah suatu proses dan cara untuk mengelola dan mengatur dalam perumusan kebijaksanaan dan tujuan kelembagaan yang mengikut para anggotanya berdasarkan norma- norma dan kebiasaan yang terbentuk dari lingkungan kelembagaan tersebut. Nah, pengelolaan kelembagaan ini digunakan dalam rangka untuk mencapai tujuan lembaga melalui kegiatan manajemen kelembagaan

Selain mengetahui cara mengelola lembaga tersebut, kita juga harus bisa memperkenalkan lembaga tersebut agar masyarakat tahu. Cara memperkenalkan itu bisa dengan cara promosi lembaga tersebut. 

Promosi kelembagaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan atau mengembangkan sebuah institusi agar institusi/ kelembagaan tersebut lebih dikenal dan banyak yang tertarik untuk berada didalamnya. Promosi merupakan hal terpenting dalam keberhasilan pemasaran lembaga. Dengan adanya pemasaran yang baik maka lembaga yang kita pimpin dapat diperkenalkan dan diketahui oleh masyarakat sehingga mereka berminat dengan lembaga yang kita tawarkan

VIDEO PILIHAN