Mohon tunggu...
dimaz dodo
dimaz dodo Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Piala Asia

12 November 2015   09:43 Diperbarui: 12 November 2015   10:04 101 0 0 Mohon Tunggu...

 

Sepp Blatter (presiden FIFA) pernah mengatakan pada kesempatan pembukaan piala asia 2004 di Cina bahwa akar sepak bola bermula di Cina. Blatter menyatakan Cina merupakan tempat lahirnya cabang olah raga sepak bola

Ahli sejarah sepak bola dan arkeologi yang juga menghadiri ekspo itu, juga menyatakan bahwa sepak bola sudah bermula sekira 2.300 tahun lalu di Zibo yang merupakan bagian kuno dari Kerajaan Qi di sebelah timur Provinsi Shandong.

Piala Asia atau yang biasa disebut AFC diadakan 4 tahun sekali sejak 1956 hingga 2004. Karena Olimpiade Musim Panas dan Kejuaraan Sepak Bola Eropa juga diselenggarakan pada tahun yang sama dengan Piala Asia (2004, 2008, 2012, dst.), AFC akhirnya memutuskan untuk memindahkan siklus penyelenggaraan turnamen ini ke tahun yang lebih sepi. Setelah 2004, Piala Asia berikutnya diselenggarakan pada 2007, dan setelah itu kembali diadakan setiap 4 tahun sekali (2011, 2015, 2019, dst.).

Sepanjang sejarah piala Asia, negara yang paling sering memenangkan kejuaraan ini adalah negara Jepang sebanyak 4x (1992, 2000, 2004, 2011) dan sempat memenangkan kejuaraan ketika Jepang mejadi tuan rumah (1992).

Jepang disebut-sebut sebagai tim nasional tersukses di piala Asia. Beberapa nama pemain Jepang juga tercantum di dalam sejarah sepak bola asia sebagai pemain terbaik. Ada 4 nama yaitu Kazuyoshi Miura (1992), Hiroshi Nanami (2000), Shunsuke Nakamura (2004), Keisuke Honda (2011). Nama pemain Jepang juga tercatat sebagai salah satu pencetak gol terbanyak dengan jumlah 9 gol yaitu Naohiro Takahara.

Tidak hanya menyumbangkan prestasi yang terukir di dalam sejarah piala AFC saja, banyak brand yang berasal dari Jepang yang juga menjadi official sponsors untuk menyukseskan perhelatan akbar yang dilakukan 4 tahun sekali. Beberapa brand besar tersebut seperti Toyota, Nikon, Toshiba, dll. Dampak positif dari mensponsori event besar seperti ini adalah mendapatkan exposure yang sangat besar dari media yang dapat dilihat di seluruh dunia. Ada baiknya mungkin jika brand-brand besar di Jepang atau Asia lainnya turun menjadi sponsor, seperti brand besar yang sudah ada layaknya Uniqlo, Baidu, Xiaomi, Brother, Hitachi, dll.

Semoga kedepan nya perhelatan akbar ini terus semakin baik serta menampilkan tontonan yang menarik serta banyak negara-negara lain yang dapat menyeimbangi atau menjadi competitor yang diperhitungkan dalam kejuaran AFC Asian Cup ini. Dengan bermunculan negara-negara yang hebat dalam sepak bola, masyarakat akan semakin antusias menyaksikan kejuaraan ini.

 

referensi : http://indiapriadi.blogspot.co.id/

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x