Mohon tunggu...
Dimas Ulinnuha Sadewa
Dimas Ulinnuha Sadewa Mohon Tunggu... Mahasiswa

Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Implikasi Positif dan Negatif Media Konvergensi

15 April 2021   21:25 Diperbarui: 15 April 2021   21:58 40 0 0 Mohon Tunggu...

Media Konvergensi adalah gabungan kata konvergensi dan media. Konvergensi berasal dari bahasa inggris yaitu Convergence, yang artinya "tindakan bertemu atau bersatu di suatu tempat". Sedangkan media juga berasal dari bahasa inggris yaitu medium (singular) dan media (plural) yang artinya perantara atau alat jalur (of communications). Yang dimaksud media dalam konteks ini adalah media massa, yakni alat sarana komunikasi seperti koran, majalah, radio dan televisi. 

konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.

Dalam perumusan yang lebih sederhana, konvergensi media adalah bergabungnya atau terkombinasinya berbagai jenis media, yang sebelumnya dianggapterpisah dan berbeda (misalnya, komputer, televisi, radio, dan suratkabar), ke dalamsebuah media tunggal.Gerakan konvergensi media tumbuh berkat adanya kemajuan teknologi akhir-akhir ini, khususnya dari munculnya Internet dan digitisasi informasi. Konvergensi media ini menyatukan “Tiga-C” (computing, communication, dan content ).

Jika dijabarkan di level perusahaan, maka konvergensi ini menyatukan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang informasi (komputer), jejaring telekomunikasi, dan penyedia konten (penerbit buku, suratkabar, majalah, stasiun TV,radio, musik, film, dan hiburan)

"Pengalaman saya pada saat mengakses media konvergensi  yaitu dengan menggunakan Smarthphone yang bisa kita gunakan saat ini, dengan smarthphone kita bisa lebih banyak melakukan hal-hal seperti menonton siaran TV, mendengarkan musik, mendengarkan radio, menggunakan kalkulator, membaca surat kabar online, menerima dan mengirim alamat e-mail, memotret suatu moment, merekam suara, merekam video, dan juga umtuk menelpon dan mengirim pesan melalu whatsapp maupun SMS."

Konvergensi media memungkinkan para profesional di bidang media massauntuk menyampaikan berita dan menghadirkan informasi dan hiburan, denganmenggunakan berbagai macam media.Komunikasi yang sudah dikonvergensikan menyediakan berbagai macam alatuntuk penyampaian berita, dan memungkinkan konsumen untuk memilih tingkatinteraktivitasnya, seraya mereka bisa mengarahkan sendiri penyampaian kontennya.Konvergensi media memungkinkan audiens (khalayak) media massa untuk  berinteraksi dengan media massa dan bahkan mengisi konten media massa. Audienssekarang dapat mengontrol kapan, di mana dan bagaimana mereka mengakses dan berhubungan dengan informasi, dalam berbagai jenisnya.Jurnalisme konvergensi melibatkan kerjasama antara jurnalis media cetak,media siar, dan media Web (online) untuk menghasilkan berita terbaik yangdimungkinkan, dengan menggunakan berbagai sistem penyampaian (delivery).

Potensi Media Konvergensi dalam strategi ekonomi

Konvergensi Media adalah sebuah strategi ekonomi, dimana perusahan-perusahaan komunikasi mencari keuntungan finansial, dengan mengupayakan agar berbagai media yang mereka miliki bisa bekerja bersama. Strategi ini merupakan produk dari tiga unsur:

1. Konsentrasi perusahaan 

Dimana jumlah perusahaan besar semakin sedikit, tetapi tiap perusahaan itu justru memiliki semakin banyak properti media.

2. Digitisasi (digitization) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN