Mohon tunggu...
Dimas Loveian Dwi Nugroho
Dimas Loveian Dwi Nugroho Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa mencoba hal baru menulis apa yang sedang ada di dalam pikiran

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Komunikasi Visual dalam Iklan Lazada "Pengiriman Cepat & Gratis Ongkir Hanya di Lazada"

28 Juli 2023   01:00 Diperbarui: 28 Juli 2023   14:27 1368
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pengiriman Cepat & Gratis Ongkir Hanya di Lazada! https://youtu.be/RIrARqvhe1Y

Menurut Wilbur Shcram komunikasi merupakan sebuah pengatar pesan atau informasi yang biasanya dilakukan oleh komunikator untuk tujuan merubah perilaku dan atau pendapat dari seorang komunikan (Sumartono, 2017). Selain itu, menurutnya komunikasi memiliki arti yang sangat luas. Sedangkan Visual merupakan suatu aspek yang dapat dilihat dengan penglihatan.

Komunikasi visual merupakan sebuah cara atau teknis yang sering digunakan dalam periklanan sebagai penyampaian pesan,ide serta informasi melalui sebuah visual seperti gambar, teks, warna yang nantinya bertujuan untuk menarik para pelihatnya sehingga tujuan dari iklan dapat tercapai. Ada beberapa kunci penting dari Komunikasi Visual seperti:

  • Branding: Merupakan sebuah elemen visual digunakan untuk membuat identitas merek, termasuk logo, warna, dan tipografi. Branding yang konsisten membantu konsumen mengenali dan mengasosiasikan visual dengan merek tertentu.
  • Emosi: Visual dapat membangkitkan emosi dan menceritakan kisah yang beresonansi dengan penonton.
  • Kreativitas: Visual yang inovatif dan kreatif membantu iklan menonjol dari pesaing dan menarik perhatian audiens. Kreativitas dapat meninggalkan kesan abadi dan meningkatkan kemungkinan brand recall.

Metode periklanan tentu sangat dibutuhkan sebagai media promosi dari produk, jasa dan hal lainnya, dengan tujuan audience dapat mengetahui serta dapat tertarik dengan produk dan jasa yang diiklankan.

Lazada menjadi sebuah perusahaan E-Commerce yang terdapat di berbagai negara termasuk Indonesia. Belakangan ini Lazada menjadi cukup viral karena iklan LAZADA "Pengiriman Cepat & Gratis Ongkir Hanya di Lazada!"  yang mereka tampilkan dapat menarik banyak audience. Peran komunikasi visual didalam iklan tersebut tentu menjadi hal yang sangat penting, karena dengan visual yang disajikan dalam iklan, para audience lebih mudah untuk mengenali dan mengingat Lazada sendiri. Dalam iklan LAZADA "Pengiriman Cepat & Gratis Ongkir Hanya di Lazada!"  komunikasi visual yang dinilai menarik adalah:

  • Pemilihan Tema

Dalam iklan LAZADA "Pengiriman Cepat & Gratis Ongkir Hanya di Lazada!"  menampilkan tema ala CyberPunk yang menggambarkan keadaan pemanfaatan teknologi tingkat tinggi. Dimana hal tersebut dapat menarik audience karena visual yang diberikan.

  • Pemilihan Font

Dalam iklan LAZADA "Pengiriman Cepat & Gratis Ongkir Hanya di Lazada!"  menampilkan iklan yang hanya memvisualkan tagline dari mereka, dimana tagline "Pengiriman Cepat & Gratis Ongkir Hanya di Lazada!" dihubungkan dengan visual teknologi yang tinggi sehingga berhubungan dengan tagline mereka dan juga penggunaan Font yang sesuai dengan Tema.

  • Warna

Warna yang terdapat dalam iklan LAZADA "Pengiriman Cepat & Gratis Ongkir Hanya di Lazada!" ini disesuaikan dengan tema yang ada, warna yang diberikan leboh dominan cerah sehingga mudah diingat oleh para audience.

``Dalam iklan LAZADA "Pengiriman Cepat & Gratis Ongkir Hanya di Lazada!"  tersebut dapat terlihat betapa pentingnya sebuah komunikasi visual, karena dengan visual yang disajikan dalam iklan, dapat membuat informasi iklan tersebut lebih mudah diingat dan diterima oleh para audience. Walaupun pesan yang ingin disampaikan hanya sebuah tagline dari mereka, namun visual yang disajikan dapat membuat iklan tersebut tidak hanya sekedar pesan biasa tetapi sebuah pesan yang sangat mudah untuk diingat oleh para audience.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun