Mohon tunggu...
Dika Rizki Darmawan
Dika Rizki Darmawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Magister Ilmu Komputer, Universitas Budi Luhur

Berperan Mencerdaskan Bangsa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Kenali Kejahatan Siber Jenis Cracking dan Pencegahannya

4 September 2022   13:00 Diperbarui: 4 September 2022   13:03 217 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Identifikasi Masalah

Cracking adalah percobaan untuk memasuki sistem komputer secara paksa dengan tujuan untuk memanipulasi, mencuri, merusak, atau melihat data secara illegal. Cracking dilakukan  oleh seseorang yang memiliki pengetahuan dan kemampuan tentang sistem operasi dan bahasa pemrograman serta melakukan tidakan kejahatan bahkan hingga melawan hukum untuk kepentingan dirinya sendiri. 

Pelaku yang melakukan Cracking biasa disebut dengan Cracker.

Sebagai salah satu kejahatan siber yang sangat berbahaya, Cracking  biasanya digunakan untuk berbagai tujuan yang berbeda-beda untuk melancarkan aksinya. 

Beberapa jenis kejahatan yang biasa dilakukan oleh Cracker diantaranya yaitu dengan Password Cracking, dimana Cracker akan melakukan aksinya melalui percobaan untuk memperoleh kata sandi(password) seseorang dari data yang tersimpan pada database website, aplikasi, atau database lain. 

Selain itu juga ada jenis Software Cracking, merupakan jenis Cracking dilakukan melalui proses peretasan untuk memanipulasi, mematikan atau menghilangkan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Pada umumnya, software Cracking ditargetkan terhadap program berbayar agar dapat digunakan secara gratis. 

Adapun jenis Cracking yang dilakukan kepada sistem jaringan yaitu Network Cracking, meretas sistem keamanan sebuah jaringan lokal (Local Area Network atau LAN) dengan tujuan untuk mendapatkan akses ke perangkat yang ada di dalamnya.

Etika merupakan konsep penilaian sifat kebenaran atau kebaikan dari tindakan sosial berdasarkan tradisi yang dimiliki oleh individu maupun kelompok. Sedangkan Kebudiluhuran merupakan cara pandang manusia tentang bagaimana harus berfikir, bertutur kata, bersikap, dan berperilaku sebaik mungkin terhadap segala sesuatu yang menyangkut dalam kehidupan bermasyarakat. 

Seseorang yang memiliki etika dan kebudiluhuran yang tinggi akan memahami betapa pentingnya dalam bersikap ketika menggunakan perangkat teknologi. Dengan teknologi secanggih dizaman sekarang ini memudahkan bagi para penggunanya untuk melakukan aktifitas apapun, baik itu positif,negatif, atau bahkan tidakan yang dapat melanggar hukum.


Rumusan Masalah

Bagaimana Peran Etika dan Kebudiluhuran dalam menggunakan Teknologi ?
Bagaimana cara menghindari Kejahatan Siber (Cyber Crime) Jenis Cracking ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan