Mohon tunggu...
Muhammad DifaAlamsyah
Muhammad DifaAlamsyah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Fisip Uhamka

Mahasiswa Fisip Uhamka

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Media Relationship di Era Digital

16 Juli 2021   13:03 Diperbarui: 16 Juli 2021   13:21 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Teman-teman peran media relation di era di gital memang sudah tidak asing lagi kita dengar, media relation sebagai salah satu fungsi dari public relation tentu nya sangat berperan aktif di dalam dunia digital, media realtion sangat aktif dalam membantu menaikan reputasi merk, komunitas , dan perusahaan, peran nya sangat efektif bahkan bisa di bilang sangat strategis di tambah dengan era digital yang sedang menonjol saat ini yang dimana setiap orang bisa memproduksi berita dan informasi hoax dengan sangat mudah, dan perlu kita ketahui bersama bahwa public relation tidak hanya menjadi senjata untuk permasalahan citra yang sedang krisis, 

sebaliknya public relation justru dapat mengantisipasi terjadi nya krisis, dalam era digital ini juga kita sebagai manusia tidak perlu membutuhkan kamera-kamera para jurnalis untuk membuat berita bahkan menerima berita, kita bisa dengan sangat mudah menggunakan smartphone kita untuk membuat berita dan menerima berita, jadi sudah sangat mudah untuk mengakses apapun yang kita inginkan, bahkan perusahaan sekalipun sudah sangat mudah untuk menyampaikan informasi-informasi yang  ingin di berikan kepada khalayak ramai, banyak media yang sudah mendukung penyebaran informasi ini, pentingnya  perusahaan  mengembangkan  hubungan dengan media, sebelum isu menerpa. 

Dalam hal ini harus seimbang antara perusahaan dan media dalam artian harus saling mendukung demi tercipta nya hal-hal yang baik tentang perusahaan dan sebagai media tentu nya bisa mendapatkan konten-konten yang sifat nya informatif, Kedekatan PR perusahaan  dengan  media  memungkinkan  perusahaan melakukan upaya antisipasi munculnya isu negatif  ataupun  potensi  krisis dari publikasi negatif.  Kita juga harus memahami bahwa semakin maju era digital maka akan bahaya data-data perusahaan yang sangat mudah untuk di lihat oleh public, 

hal ini bisa di lihat dari kebebasan public untuk mengakses internet maka dari itu bisa menjadi boomerang untuk perusahaan, kesiapan informasi data sangat penting untuk di perhatikan di dalam suatu merk,komunitas dan perusahaan, keamaan data harus benar-benar  terjaga ,semua yang berkaitan dengan perusahaan harus bisa menjaga privasi informasi yang berisikan data-data tentang perusahaan, dengan semakin maju nya era digital maka kesiapan dan keahlian untuk melakukan komunikasi media harus benar-benar terampil agar tidak kaget jika terjadi hal-hal yang lebih besar lagi di dalam media.

Hubungan media yang baik  dapat meminimalisir  dominasi  pemberitaan  negatif  melalui  pemunculan  informasi  positif sebagai penyeimbang sehingga tidak terjadi nya kesalahpahaman dalam menginformasikan berita kepada khalayak ramai oleh karena itu perusahaan atau komunitas juga harus bergerak cepat melakukan komunikasi dengan jurnalis sekaligus mengklarifikasi setiap pemunculan informasi yang tidak tepat untuk menghindari kesalahan persepsi public, 

Langkah antisipasi komunikasi media yang tepat  di saat krisis juga harus kita pahami yang dimana perlunya seorang PR memahami dunia jurnalistik dan mengerti berbagai  karakter wartawan. Jika kita tidak bisa membaca dunia juranlistik dalam era digital maka kita akan susah untuk mengetahui tentang apa saja yang ada di dalam pr dan tentu nya karakter wartawan harus kita pahami juga karena dari banyak nya wartawan tentu nya mempunyai karakter yang berbeda, selain karakter wartawan kita juga harus paham betul berbagai macam jenis media dan fungsi-fungsi nya agar kita bisa membaca dunia di era digital, 

Strategi pemetaan media menjadi modal dasar PR dalam mengembangkan komunikasi media, memahami kerja jurnalistik, dan melakukan penetrasi pesan strategis untuk perusahaan. 

Pemetaan media dapat mulai dilakukan melalui analisis wilayah sirkulasi medianya (daya jangkau), segmentasi pembacanya, hingga daya pengaruhnya di pemangku kepentingan dan public, kemampuan berbicara di dalam media juga sangat penting bagi kita di era ditital media ini agar meningkatan personal branding diri kita bahkan perusahaan yang kita pegang juga dan media tentu nya sangat memperhatikan public speaking kita di depan media, bagaimana kita mengeluarkan setiap kata yang keluar dari mulut kita, gesture tubuh yang kita gerakan di depan media juga tidak bisa di kesampingkan hal ini juga penting untuk kita jaga dalam public speaking di depan media, karena apa? 

Jika sudah masuk ke media makan diri kita bisa terlihat oleh khalayak ramai , public pasti nya juga menilai apa yang kita sampaikan dan gerakan apa yang ada pada diri kita di saat kita berbicara di depan media, jika kita melakukan sedikit kesalahan dalam berbicara di depan media atau gerakan tubuh kita yang tidak pantas untuk di lihat di media makan public akan menilai bahwa diri kita tidak baik bahkan bisa mempengaruhi personal branding kita dan citra perusahaan yang kita bahwa.

            Teman-teman kita juga harus memahami apa saja sih Tujuan dari media relation, berikut adalah tujuan dari pubic relation :

Memajukan citra perusahaan : dalam hal ini public relation mempunyai peran besar untuk meningkatkan citra perusahaan, mengidentifikasi target perusahaan atau biasa kita sebut sebagai Target pasar merupakan hal penting yang harus ditentukan dalam memulai suatu usaha. Target pasar yang sudah diketahui dapat memudahkan anda untuk menentukan jenis strategi dalam menentukan produk. Tentunya, anda target pasar ini harus ditentukan secara spesifik, seperti berdasarkan lokasi, umur, kebiasaan dan budaya yang dimiliki. Public relation tersebut bertugas untuk melakukan penawaran produk. Hal ini bisa dilakukan menggunakan website, media cetak dan media online yang lainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun